Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Kembali di Atas 1.600 Dollar AS

Kompas.com - 02/04/2013, 10:02 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange (NYMEX) berakhir lebih tinggi pada Senin (1/4/2013) waktu setempat, (Selasa pagi WIB), kembali di atas tingkat 1.600 dolar AS.

Pasar emas mendapatkan beberapa dukungan sebagai safe haven dari data sektor manufaktur AS yang lebih lemah dari perkiraan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik 5,2 dollar AS, atau 0,33 persen, menjadi menetap di 1.600,9 dollar AS per ounce.

Kontrak emas berjangka yang paling aktif, naik 1,1 persen pada Maret, namun kehilangan 4,8 persen untuk kuartal pertama.

Data pada Senin menunjukkan bahwa laju penjualan dan produksi manufaktur AS melambat pada Maret. Lembaga riset Institute for Supply Management mengatakan indeks manufaktur AS turun menjadi 51,3 persen pada Maret dari 54,2 persen pada Februari.

"Untuk saat ini, emas mendapatkan dukungan dari laporan manufaktur ISM yang lemah," kata  seorang analis pasar.

Keuntungan untuk emas pada Senin juga terjadi karena dollar AS melemah. Indeks dollar, yang mengukur kinerja greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun menjadi 82,746 pada Senin dari 82,998 pada Jumat.

Pelemahan dollar sering memberikan dukungan untuk harga komoditas berdenominasi dollar seperti emas dan minyak.

Sementara harga perak untuk pengiriman Mei kehilangan 37,9 sen atau 1,34 persen menjadi ditutup pada 27,944 dollar AS per ounce.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com