Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Perluas Jaringan Dari Medan dan Jakarta

Kompas.com - 15/04/2013, 19:26 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Indonesia AirAsia hari Senin (15/4/2013) ini mengumumkan perluasan jaringan rute internasional dan domestiknya dari Hub Medan dan Jakarta.

Mulai hari ini, para pelanggan yang berada di dua kota tersebut akan dapat membeli kursi penerbangan untuk rute Medan (MES) - Jakarta (CGK), Medan (MES) - Johor Bahru (JHB), dan Jakarta (CGK) - Johor Bahru (JHB). Rute-rute baru dari Medan akan terbang perdana pada tanggal 7 Juni 2013, sementara rute baru dari Jakarta mulai dari tanggal 16 Mei 2013.

"Medan merupakan salah satu hub AirAsia Indonesia dengan pertumbuhan yang pesat. Oleh karena itu, kami terus berusaha untuk meningkatkan layanan dengan cara memperluas jaringan rute serta menambah jumlah pesawat," kata Direktur Utama Indonesia AirAsia Dharmadi, Senin ini.

Dengan bertambahnya rute penerbangan dari Medan, AirAsia akan menambah satu pesawat Airbus A320 terbaru untuk beroperasi dari hub tersebut. Sebelumnya Hub Medan telah memiliki dua pesawat Airbus A320 yang digunakan untuk melayani penerbangan domestik menuju Bandung, Surabaya dan Medan, serta penerbangan internasional menuju Kuala Lumpur, Bangkok, dan Penang.

Dan kini, para pelanggan di Medan memiliki dua tambahan pilihan destinasi, yaitu Jakarta dan Johor Bahru. Namun tidak hanya para pelanggan dari Medan yang dapat terbang menuju Johor Bahru, para pelanggan di Jakarta juga akan dapat terbang dan mengeksplor kota terbesar kedua di Negara Malaysia tersebut.

Hadirnya rute penerbangan menuju Johor Bahru, semakin melengkapi daftar rute penerbangan internasional dari Jakarta, yang sebelumnya hanya terdiri dari Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, Phuket, dan Singapura. "Sebagai hub utama, Jakarta terus memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan perusahaan. Dan kami akan merasa sangat senang apabila dapat memperluas jaringan rute penerbangan kami dari kota ini, karena salah satu impian kami adalah dapat menghubungkan Jakarta dengan negara-negara besar lain di wilayah ASEAN, Asia, bahkan sampai di belahan dunia lain," tambah Dharmadi.            

Alasan AirAsia Indonesia memilih untuk menghubungkan Johor Bahru dengan Medan dan Jakarta salah satunya karena sektor pariwisata di kota tersebut. Ada berbagai atraksi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan di Johor Bahru, mulai dari arena permainan keluarga seperti Legoland dan Puteri Harbour Entertainment Centre.

Kemudian bangunan-bangunan bersejarah seperti Museum Grand Palace dan Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman, serta wisata alam dengan pemandangan yang akan membuat Anda kagum seperti Taman Nasional Endau Rompin dan Air Terjun Kota Tinggi. Bagi yang memiliki hobi wisata belanja, Johor Premium Outlet adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi, karena potongan harga yang ditawarkan mencapai 65persen.

Adapun lokasi surga belanja ini hanya sekitar 15 menit dari Bandara Internasional Senai. Indonesia AirAsia menawarkan harga kursi penerbangan istimewa yaitu mulai dari Rp 298.000,- untuk rute Medan - Johor Bahru, dan mulai dari Rp 398.000,- untuk rute Jakarta - Johor Bahru.

Pembelian harga promo ini dapat dilakukan mulai dari sekarang sampai 21 April 2013 dengan periode penerbangan mulai dari 7 Juni sampai 30 September 2013. Sedangkan untuk rute Medan - Jakarta, AirAsia Indonesia menawarkan promo spesial All Seats All Flights atau satu harga untuk semua kursi, yaitu Rp 499.000,-, dengan periode pembelian yang sama, namun periode penerbangan mulai dari 16 Mei sampai 30 September 2013.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com