Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Agus Marto Diberhentikan 1 Bulan Sebelum Dilantik?

Kompas.com - 22/04/2013, 11:01 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberhentikan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan sekitar satu bulan sebelum pelantikan Agus sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Agus baru akan dilantik sebagai Gubernur BI pada 23 Mei 2013.

Mengapa Presiden memutuskan hal itu? Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, keputusan itu diambil untuk mencegah mandeknya masalah-masalah anggaran. Untuk itu, Presiden SBY menunjuk Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menkeu.

"Bisa mandek semua kalau enggak ada. Harus ada menterinya kan? untuk itu perlu ada segera yang menindaklanjuti hal-hal yang sudah menjadi program," kata Sudi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden SBY akan menunjuk Menkeu definitif nantinya. Saat ini, Presiden tengah mempertimbangkan siapa yang tepat mengisi posisi Menkeu. Lantaran sifatnya sementara, kata dia, Presiden menganggap Hatta paling tepat menjadi Plt Menkeu.

Ketika disinggung latar belakang Hatta dari partai politik atau menjabat Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional, Julian kembali menyebut penunjukan itu hanya sementara. Menurut dia, hal itu sama seperti ketika Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono (Ketua Umum Partai Golkar) ditunjuk sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga ketika Andi Mallarangeng mundur.

"Tidak ada masalah. Kalau ada pandangan dan dikaitkan dengan posisi sebagai ketum parpol, tentu ini tidak ada kaitannya karena PAN tidak terkait langsung dengan urusan Kemenkeu sendiri," kata Julian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com