Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Perusahaan Properti Naik Tajam

Kompas.com - 02/05/2013, 03:04 WIB

Jakarta, Kompas - Dalam triwulan I 2013, laba industri properti meningkat secara signifikan. Selain dari penjualan tanah dan bangunan, peningkatan laba tersebut diperoleh dari pendapatan sewa bangunan.

Direktur dan Corporate Secretary PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya, mengatakan, laba bersih pada triwulan I 2013 telah mencapai 1,24 triliun, atau melonjak 369,1 persen dibandingkan pencapaian laba bersih pada triwulan I 2012, yang hanya mencapai Rp 265,04 miliar.

”Lonjakan laba bersih sebesar 369,1 persen ini adalah peningkatan laba bersih tertinggi yang pernah dicapai PT Bumi Serpong Damai Tbk dalam lima tahun terakhir,” ujar Hermawan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (1/5).

Pendapatan PT Bumi Serpong Damai Tbk selaku emiten properti dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 30 triliun, meningkat Rp 2,08 triliun, atau meningkat sekitar 160 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2012.

Kontribusi terbesar untuk pendapatan sebesar 90,6 persen atau Rp 1,88 triliun, berasal dari penjualan tanah dan bangunan seperti rumah tinggal, rumah toko (ruko), bangunan industri, dan bangunan strata title. Dibandingkan tahun lalu, hasil penjualan tanah dan bangunan ini meningkat signifikan mencapai 194 persen. Lonjakan pendapatan ini berasal dari penjualan ke PT Bumi Parama Wisesa, PT ASML Indonesia, dan PT Indonesia International Expo.

Selain itu, kontribusi pendapatan kedua bagi PT Bumi Serpong Damai Tbk diperoleh dari pendapatan sewa sebesar 5 persen, atau senilai Rp 103,5 miliar.

Peningkatan pendapatan juga dicapai oleh PT Agung Podomoro Land Tbk. Selama triwulan I 2013, penjualan dan pendapatan perseroan telah mencapai Rp 1,142 triliun, lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada periode yang sama, yang terdata Rp 1,138 triliun.

”Peningkatan pendapatan terjadi seiring dengan adanya peningkatan pendapatan dari mal sebesar 60 persen, dan pendapatan hotel sebesar 30 persen,” ujar Direktur Utama PT Agung Podomoro Land, Trihatma Kusuma Haliman, dalam siaran persnya.

Dalam triwulan I 2013 ini, Trihatma mengatakan, PT Agung Podomoro Land Tbk mendapatkan laba kotor sebesar Rp 595,6 miliar, meningkat 16,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 509,7 miliar. Margin laba kotor ini juga meningkat, dari sebelumnya 44,8 persen, menjadi 52,1 persen pada triwulan I 2013. (*/EGI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com