Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Turun

Kompas.com - 10/05/2013, 08:02 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada Kamis (9/5/2013) waktu setempat (Jumat pagi WIB), seiring dengan turunnya angka pengangguran AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 5,1 dollar AS, atau 0,35 persen, menjadi menetap di 1.468,6 dollar AS per ounce.

Departemen Tenaga Kerja AS, Kamis, melaporkan bahwa jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran negara berkurang 4.000 menjadi 323.000 dalam pekan yang berakhir 4 Mei, tingkat terendah sejak Januari 2008.

Pandangan positif terhadap situasi ketenagakerjaan di AS memperlemah pasar emas. Dollar AS yang sedang menguat juga menekan emas berdenominasi dollar AS.

Namun demikian, penurunan emas hari Kamis dibatasi berkat permintaan fisik yang kuat untuk emas. Selain China, konsumen India telah bergabung dengan antrean untuk memborong emas sebanyak mungkin menjelang pengenalan aturan pembatasan impor, dan India diperkirakan akan mengimpor lagi 100 ton emas dalam waktu dekat.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Juli turun 1,6 sen, atau 0,07 persen, menjadi ditutup pada 23,911 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik 11,6 dollar AS, atau 0,77 persen, menjadi ditutup pada 1.516,5 dollar AS per ounce.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com