BBM Naik, Pertumbuhan Ekonomi Tetap 6,3 Persen - Kompas.com

BBM Naik, Pertumbuhan Ekonomi Tetap 6,3 Persen

Kompas.com - 18/06/2013, 14:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tetap optimistis mampu meraih target pertumbuhan ekonomi di akhir tahun ini sebesar 6,3 persen. Meski pemerintah juga berencana menaikkan harga BBM bersubsidi yang berpotensi menaikkan nilai inflasi.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, pihaknya akan menjaga agar inflasi tetap terjaga sehingga tidak akan menggerus konsumsi dan daya beli masyarakat.

"Saat ini 55 persen pertumbuhan ekonomi itu dikontribusikan dari konsumsi. Sedangkan kontribusi inflasi yang terbesar ada dari beras. Sehingga untuk menjaga inflasi itu, pemerintah memberikan beras miskin (raskin)," kata Chatib saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Chatib menambahkan, untuk mengantisipasi daya beli masyarakat yang menurun, pemerintah akan memberikan paket kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi berupa Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Pemberian BLSM ini akan diberikan secara dua bulanan, maksimal Juli dan September 2013. Sehingga pemerintah akan memberikan dana BLSM sebesar Rp 300.000 untuk dua bulanan kepada 15,5 juta rumah tangga masyarakat miskin.

"Selain itu, sektor konsumsi juga akan didongkrak dari aktivitas pemilihan umum (pemilu) yang akan mulai marak pada kuartal IV-2013," tambahnya.

Menurut Chatib, dengan proyeksi peningkatan sektor konsumsi sebesar 5 persen per tahun, maka kontribusi konsumsi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pemerintah mencapai 2,75 persen. "Sisanya nanti dari sektor investasi, ekspor, impor dan belanja pemerintah," tambahnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorErlangga Djumena

    Close Ads X