Impor Kedelai Marak, Perusahaan Ini Malah Mengekspor ke Jepang - Kompas.com

Impor Kedelai Marak, Perusahaan Ini Malah Mengekspor ke Jepang

Kompas.com - 19/11/2013, 15:57 WIB
KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Petani Kedelai di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Jawa Timur, sedang melihat tanaman kedelai mereka, Rabu (2/10/13)

JAKARTA, KOMPAS.com — Produsen kedelai edamame Jember, PT Mitra Tani Dua Tujuh, mengincar pendapatan sebesar Rp 121 miliar hingga akhir tahun ini, dengan mengandalkan ekspor kedelai terutama ke pasar Jepang.

Direktur Mitra Tani, Wasis Pramono, menuturkan, dari pendapatan sebesar itu, Rp 102 miliar ditargetkan berasal dari penjualan kedelai ke pasar ekspor. "Tahun ini kami menargetkan ekspor sebanyak 5.593 ton edamame, naik dari tahun lalu 5.238 ton. Sejauh ini kami on the right track untuk mencapai target," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (19/11/2013).

Mitra Tani Dua Tujuh adalah perusahaan patungan atau joint venture dua BUMN, yaitu PT Perkebunan Nusantara X dan PT Bahana Artha Ventura. Adapun untuk pasar dalam negeri, Mitra Tani tahun ini mengincar penjualan 1.360 ton kedelai edamame dan okra. Jumlah itu meningkat dari tahun lalu sebesar 1.317 ton.

Selain kedelai, bisnis utama yang dijalankan Mitra Tani adalah perdagangan sayuran beku dengan fokus ekspor ke Jepang dengan porsi penjualan hingga 80 persen dari barang yang diekspor.

Sementara itu, negara lain yang juga menjadi sasaran ekspor adalah Amerika Serikat, Eropa, dan Singapura.

Mitra Tani juga mengembangkan pemasaran produk bumbu siap pakai dan sayuran siap makan. Perusahaan ini telah memasok aneka bumbu dan sayur siap pakai ke PT Freeport Indonesia.

Wasis mengatakan, pihaknya memproduksi sekitar 64 bumbu dan sayur siap pakai, antara lain bumbu rendang, bumbu rujak, bumbu rica-rica, bumbu sambal goreng, dan masih banyak aneka bumbu lainnya.

Sementara itu, produk sayur dan makanan kecil beku di antaranya sayur sop, cap cay, dan perkedel.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X