Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2014, 19:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat penurunan persentase penduduk miskin pada tahun 2013. Akan tetapi, laju penurunan itu dipandang tidak seimbang bila dibandingkan dengan laju kekayaan.

Kepala Grup Asesmen Ekonomi Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Doddy Zulverdi mengatakan pertumbuhan ekonomi regional memang menyumbang dampak positif terhadap penurunan jumlah orang miskin. Akan tetapi, laju kenaikan pendapatan masyarakat kelas menengah lebih kencang.

"Ketimpangan bukan karena orang miskin tambah miskin. Orang miskin memang naik kelas, tapi orang kaya kenaikannya lebih tinggi. Jadi tidak seimbang," kata Doddy di Kantor Pusat BI, Selasa (18/2/2014).

Hal itu terlihat angka tingkat kesenjangan ekonomi (Rasio Gini) penduduk Indonesia meningkat dibandingkan tahun 2012. Rasio Gini tahun 2013 lebih tinggi dibandingkan tahun 2012, yakni 0,41 persen. Indonesia pernah mencapai angka gini rasio terendah pada tahun 2008 yang saat itu hanya 0,35 persen.

Doddy mengungkapkan kondisi ini menjadi tantangan BI dalam membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan tingkat kesenjangan penduduk Indonesia. Untuk itu, BI akan aktif dalam pengembangan klaster di daerah antara lain melalui dukungan penguatan kelembagaan, peningkatan kompetensi petani atau peternak, dan hubungan pada pembiayaan perbankan.

"Pengembangan klaster diarahkan pada komoditas pangan yang berkontribusi dalam pembentukan harga di daerah dan komoditas yang dapat memberikan nilai tambah bagi pendapatan masyarakat," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com