Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemilik Pertama MPV Murah Datsun

Kompas.com - 07/05/2014, 10:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lima calon pengusaha muda Indonesia menjadi pemilik Datsun Go+ pertama di dunia, berkat konsep usaha yang dinyatakan menang, pada kompetisi Datsun Rising Challenge (DRC). Pengumuman dilakukan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), semalam (6/5/2014) di Exodus, Kuningan City, Jakarta Pusat.

Sebagai modal usahanya kelak, selain mendapatkan MPV murah di bawah Rp 100 juta itu, mereka juga berhak mengantongi uang tunai Rp 50 juta. Konsep enterpreneurship Monica Fransesca, Fandi Akhmad, Adam Amrullah, Adithhia Dwi Saputra, dan Woro Anindyajati dianggap sebagai yang terbaik dari ribuan peserta di Indonesia yang ikut dalam kompetisi ini.

”Mereka akan membawa pulang Datsun Go+ sebelum konsumen umum. Kompetisi bisnis DRC merupakan salah satu program inisiatif Datsun Indonesia mendukung aspirasi para risers dalam meraih mimpi (orang-orang yang menapaki jalan baru, khususnya berusia muda),” ujar Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia.

Ditambahkan, kompetisi ini dijalankan atas tiga nilai kunci Datsun, yakni Dream (impian), Access (akses), dan Trust (terpercaya). Nilai-nilai itu diimplementasikan pada tujuan Datsun sebagai merek terpercaya untuk memberi akses dan mobilitas lebih baik, sekaligus membantu para risers mewujudkan keinginan demi meraih sukses.

Hanya di Indonesia
Penganugerahan ini sangat spesial. Buktinya, Vincent Cobee, Corporate Vice President Datsun Business Unit, datang memberikan ucapan selamat. Menurutnya, DRC sangat penting untuk mengawal tahapan kelahiran Datsun di Indonesia.

”DRC tidak ada di negara lain (tujuan Datsun untuk reborn), karena kami melihat banyak pelaku usaha di Indonesia dan kami ingin mendukung ide-ide mereka. Ini sejalan dengan filosofi Datsun, agar calon konsumen lebih optimistis untuk masa depan,” ujar Cobee usai acara.

DRC sudah diluncurkan sejak awal Desember 2013, menjaring peserta dari lima kota besar, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. Peserta cukup diminta mengajukan proposal bisnis. 25 finalis sudah berpartisipasi dalam workshop selama tiga hari untuk mendapat pelatihan intensif berwirausaha.

Fandi Akhmad, pemenang dari Semarang, memiliki ide Bati atau singkatan dari Bata Interlock. Ini adalah konsep batu bata yang sangat kuat karena mengait satu sama lain. Inspirasinya dari gempa yang akhir-akhir ini melanda berbagai daerah di Indonesia.

Woro Anindyajati asal Jakarta yang mengedepankan ide memproduksi sabun ramah lingkungan diberi nama ”Buruan Mandi”. Inspirasi datang dari keprihatinan terhadap lingkungan dengan semakin banyaknya penggunaan deterjen pada sabun mandi yang tentu merusak lingkungan.

Melalui kompetisi DRC, Datsun berharap akan lebih banyak risers yang terinspirasi, berani bermimpi untuk masa depan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com