Terminal Modern Tanjung Perak Resmi Beroperasi - Kompas.com

Terminal Modern Tanjung Perak Resmi Beroperasi

Kompas.com - 02/10/2014, 15:00 WIB
KOMPAS.com/Achmad Faizal Bus gratis siaga di depan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.


SURABAYA, KOMPAS.com -
Pertama kalinya, Indonesia memiliki terminal penumpang pelabuhan pertama yang memiliki fasilitas modern layaknya bandara udara. Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya resmi beroperasi Kamis (2/10/2014) melayani penumpang dengan fasilitas garbarata. 

Jika biasanya, terminal penumpang kapal laut terkesan kumuh dan tradisional. Ada yang berbeda dengan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Surabaya. Terminal ini terlihat modern dengan desain green architecture, ramah lingkungan dan hemat energi.

Yang berbeda terminal penumpang Tanjung Perak ini dilengkapi dua unit garbarata boarding bridge yang menghubungkan terminal penumpang dengan kapal  melalui fasilitas berupa lorong yang bergerak sesuai pintu dek. Penumpang lebih mudah saat masuk ke dalam kapal.

Penumpang akan dimanjakan dengan fasilitas ruang tunggu layaknya berada di bandara udara dan terhubung lanhsung dengan garbarata. Belum cukup sampai disitu, Pelindo III juga melengkapinya dengan Sewage Treatment Plant atau STP yakni sistem air yang dapat mendaur ulang air untuk menjadi flushing toilet.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan, pembangunan gedung terminal penumpang Gapura Surya Nusantara memakan biaya Rp 160 miliar. Terminal ini berkapasitas 4.000 penumpang dengan luas 16.120 m2 yang terdiri dari tiga lantai.

"Setelah ini kami akan membangun kawasan industri di pelabuhan ini dengan empat fasilitas terminal tambahan. Kami targetkan April 2015 sudah terbangun sebelum Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) berlangsung," ujar Djarwo pada hari ini. (Mona Tobing)


EditorErlangga Djumena
Sumber

Close Ads X