Dorong Ide Berwirausaha, Bank Mandiri Gelar WMM - Kompas.com

Dorong Ide Berwirausaha, Bank Mandiri Gelar WMM

Kompas.com - 16/11/2015, 19:30 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menciptakan wirausaha muda di Indonesia, PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) menggelar Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015.

Direktur Strategi dan Keuangan Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kompetisi rutin ini sebagai ajang pencarian bibit wirausaha potensial untuk dikembangkan dan mampu berkontribusi membangun Indonesia.

“Ajang ini juga untuk menyebarkan virus kewirausahaan dan inovasi para mahasiswa dan alumni agar tercipta wirausahamuda baru,” kata Tiko di Jakarta, Senin (16/11/2015).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, rasio wirausaha di Indonesia dibandingkan total populasi adalah 1,65 persen masih dibawah rasio ideal 2 persen yang dibutuhkan sebuah negara yang bisa dikategorikan sebagai negara maju.

Kemenkop UKM menargetkan terbentuk 50 ribu wirausaha baru untuk mencapai target dalam 5 tahun kedepan. Sementara dalam kurun waktu 2015 – 2019, pemerintah telah mencanangkan target 1 juta wirausaha baru dalam kurun waktu 2015-2019.

Tiko menambahkan, rangkaian kompetisi WMM 2015 diawali dengan proses pendaftaran yang dimulai sejak akhir Oktober lalu hingga 31 Desember 2015.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website www.wirausahamandiri.co.id. Skema Pendaftaran online diharapkan dapat memudahkan peserta untuk mendaftar dan meningkatkan transparansi data.

Adapun tahap penilaian tingkat wilayah berlangsung pada Februari 2016, sedangkan penjurian tingkat nasional serta penghargaan pemenang pada Maret 2016.

WMM 2015 akan mengadu peserta dalam lima bidang usaha, yakni wirausaha industri, perdagangan dan jasa, wirausaha boga, wirausaha kreatif, wirausaha teknologi dan wirausaha sosial.

Seluruh pemenang akan memperoleh hadiah berupa dana pembinaan masing-masing sebesar Rp 50 juta untuk pemenang I dan Rp 40 juta untuk pemenang II.

Selain dana pembinaan, para pemenang dan finalis juga akan diikutkan dalam berbagai kesempatan untuk memasarkan produk, baik ke pasar lokal maupun internasional.


“Tahun ini kami juga bersinergi dengan Microsoft, dimana para finalis pada wirausaha kategori digital akan langsung menjadi semifinalis nasional pada ajang internasional Imagine Cup yang diselenggarakan Microsoft,” kata Tiko. (Sylke Febrina Laucereno)

EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X