BI Institute Gagas Kepemimpinan Ekonomi Hadapi Era VUCA - Kompas.com

BI Institute Gagas Kepemimpinan Ekonomi Hadapi Era VUCA

Kompas.com - 26/09/2016, 19:04 WIB
KOMPAS.com/SRI LESTARI Acara seminar internasional BI Institute di Nusa Dua Bali, Senin(26/9/2016)

NUSA DUA, KOMPAS.com - Pada era yang tidak menentu, sangat dinamis, sarat perubahan, kompleks, dan Ambigu (Volatitity, Uncertainty, Complexity, Ambiguity/VUCA), dibutuhkan kepemimpinan dengan kearifan intelektual dan sesuai perkembangan zaman.

Sugeng, Kepala Bank Indonesia Institute saat seminar internasional terkait kepemimpinan menyampaikan bahwa di era VUCA dibutuhkan pemimpin yang tangkas.

"Kita hidup di era VUCA, perubahan sangat cepat sekali. Kalau kita bertugas di bank sentral, kementerian maupun swasta, peran pemimpin sangat penting. Pemimpin harus tangkas, harus cepat memahami, membaca situasi, sehingga bisa menemukan solusi," kata Kepala Bank Indonesia Institute, Sugeng, Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (26/9/2016).

Sugeng juga menjelaskan bahwa dunia sulit diramalkan dan berubah dengan cepat, seperti contohnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok, harga komoditi yang anjlok, munculnya status digital-preneur yang mengubah segalanya menjadi sesuatu yang sangat berbeda.

Belum lagi isu terorisme, pengungsi, serta pemanasan global. "Dalam situasi kerumitan itu, Bank Indonesia melalui BI Institute merasa berkepentingan secara proaktif untuk menggagas dan melibatkan para economic leader tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional untuk bersama mendeteksi dan menemukan jenis kepemimpinan yang cocok untuk situasi VUCA," tambahnya.

Dalam acara seminar yang dihadiri delegasi dari 25 negara ini, secara konkret diharapkan muncul kesadaran bersama dari semua pihak yang berkepentingan dalam melahirkan economic leader, sehingga dapat mempercepat transformasi pertumbuhan ekonomi Indonesia menuju ekonomi yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

 


EditorM Fajar Marta

Close Ads X