Luhut: Jangan Ada Lagi Maling Dana Desa... - Kompas.com

Luhut: Jangan Ada Lagi Maling Dana Desa...

Kompas.com - 14/12/2016, 15:47 WIB
Achmad Fauzi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Pandjaitan, di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jakarta, Selasa (20/9/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memperingatkan kepada para Bupati di seluruh Indonesia untuk serius dalam mengelola dana desa.

Dirinya meminta Bupati untuk tidak menyelewengkan dana desa. Hal tersebut dikatakan luhut saat memberikan sambutan dalam Dialog dan Silahturahmi Forum Bupati di Kantor Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Jakarta, Rabu (14/12/2016).

"Jadi jangan terlalu banyak dananya (tidak dimanfaatkan). Sudahlah yang lalu-lalu. Kalau yang lalu ada maling-malingnya sedikit, sudahlah. Sekarang jangan ada lagi (ada maling dana desa)," ujar Luhut.

Luhut menuturkan, para Bupati bisa memanfaatkan dana desa untuk menggerakkan ekonomi di kabupaten. Salah satunya dengan membangun infrastruktur yang menunjang kegiatan ekonomi, seperti jalan.

"Ini (dana desa) yang akan membuat ekonomi di daerah bergerak," katanya.

Dana desa sendiri merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menyejahterahkan rakyat dan pembangunan daerah.

Pemerintah menggarkan dana desa untuk tahun 2017 sebesar Rp 60 triliun. Jumlah itu naik dibandingkan anggaran dana desa 2016 sebesar Rp 46,97 triliun.


EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X