Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Operaskan "Command Center" di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 06/03/2017, 13:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) meresmikan pengoperasian command center atau pusat kendali Apron Movement Control (AMC).

Command center ini merupakan pusat pemantauan aktifitas di apron Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

AMC akan menggunakan fasilitas pusat kendai ini untuk menunjang kelancaran pergerakan pesawat serta lalu lintas kendaraan dan orang di sisi udara. Diharapkan, pengoperasiannya berdampak pada efesiensi dan efektifitas operasional bandara maupun maskapai.

Adapun istilah Command Center merujuk bahwa ruang tersebut merupakan sentralisasi pengendalian dan operasional bagi para personil AMC. Hal ini berbeda dengan yang ada di Terminal 1 dan 2, di mana ruang AMC di masing-masing terminal itu dibagi menjadi tiga.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan fasilitas yang tersedia di Command Center AMC Terminal 3 diantaranya adalah peralatan teknologi informasi terkini guna lebih maksimal dalam mengatur pergerakan di apron.

Di apron Terminal 3 saat ini juga sudah terpasang visual docking guidance system atau VDGS yang merupakan alat berteknologi modern untuk memandu parkir pesawat. Alat ini juga terkoneksi dengan command center AMC.

"Ruang yang tersentralisasi ini akan semakin memudahkan para personil AMC berkoordinasi untuk menjalankan tugasnya seperti memastikan keamanan di apron, mengatur serta memantau pergerakan pesawat, dan sebagainya sehingga berdampak pada semakin kompetitifnya bandara," kata Awaluddin dalam keterangan resminya, Senin (6/3/2017).

Awaluddin menjelaskan fasilitas command center ini juga dilengkapi dengan monitor yang dapat memantau seluruh sudut apron, dan peralatan teknologi informasi yang mendukung pemantauan.

"Command center AMC ini juga disiapkan untuk mendukung beroperasinya penerbangan internasional di Terminal 3 dalam waktu dekat. Terminal 3 sampai saat ini adalah terminal terluas yang ada di Indonesia, sehingga digitalisasi sebagaimana yang ada di Command Center AMC ini merupakan pilihan tepat dalam mendukung operasional," jelas Muhammad Awaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com