Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Ladang Investasi, "Rest Area" Tematik di Jalan Tol Akan Dibangun

Kompas.com - 04/07/2017, 19:19 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat istirahat atau rest area yang ada di sepanjang jalan tol dianggap sebagai ladang investasi yang menguntungkan, bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pun mengisyaratkan bakal menambah rest area di sejumlah ruas tol yang banyak dilalui pemudik.

"Ini peluang investasi karena rest area sebagai tempat yang punya nilai yang komersial. Bukan cuma jalan tolnya saja," kata Budi Karya di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Penambahan rest area di jalan tol itu nantinya akan dibangun dengan tema-tema tertentu atau tematik. Akses masuk dan keluar kendaraan pun akan dibuat lebih leluasa.

"Panjang kan nih, Jakarta-Semarang-Solo-Surabaya. Ini nanti punya rest area tematik, punya tema. Supaya bisa bagus, kapasitasnya lebih besar, jalan masuk keluar juga lebih besar," kata dia.

"Jadi orang dari Jakarta ke Semarang. Dia mau beli oleh-oleh ke Brebes, enggak usah ke dalam kota Brebes. Dia bisa beli di sana (rest area). Justru dengan itu, dalam tol bisa punya nilai tambah," tambah dia.

Budi Karya juga mengakui, rest area menjadi salah titik penyumbang macet di jalan tol. Hal itu lantaran besaran rest area tak berbanding lurus dengan jalan.

"Besaran rest area tidak berbanding lurus dengan jalan. Makin panjang (jalan) akan makin dibutuhkan (rest area). Karena letih kan orang. Kemarin itu macet di rest area ada beberapa sebab," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com