China Pangkas Impor Batu Bara dari Korut

Kompas.com - 14/07/2017, 07:00 WIB
China merupakan penghasil batu bara terbesar di dunia dan kecelakaan di pertambangan adalah hal yang sering terjadi. (Foto: Dok.) AFP China merupakan penghasil batu bara terbesar di dunia dan kecelakaan di pertambangan adalah hal yang sering terjadi. (Foto: Dok.)

HONG KONG, KOMPAS.com - Pemerintah China menyatakan bahwa perdagangan antara China dengan Korea Utara mencapai nilai 2,6 miliar dollar AS pada semester I 2017.

Angka ini meningkat 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Akan tetapi, impor batu bara dari Korut ke China anjlok 75 persen.

Ini menyiratkan bahwa China secara bertahap memangkas impor batu bara, yang merupakan sumber utama pendapatan Korut dalam valas.

Mengutip CNN Money, Jumat (14/7/2017), secara keseluruhan, impor China dari Korut turun 13 persen dibandingkan pada semester I 2016.

Hal ini diungkapkan oleh Huang Songping, juru bicara departemen bea cukai China.

Penurunan ini menyusul keputusan China pada Februari 2017 lalu untuk melarang semua impor batu bara Korut.

Selain itu, Presiden AS Donald Trump juga berulang kali mengkritik China terkait perdagangan dengan Korut.

Menurut Trump, peningkatan perdagangan antara China dan Korut mencapai hampir 40 persen pada kuartal I 2017.

Peningkatan perdagangan tersebut secara keseluruhan didorong oleh ekspor China ke Korut, yang meningkat hampir 30 persen pada paruh pertama tahun ini.

Menurut China, tidak ada perjanjian perdagangan yang berjalan dengan Korut saat ini bertentangan dengan sanksi internasional.

Huang menyatakan, peningkatan perdagangan dengan Korut disebabkan peningkatan pada ekspor tekstil.

"Sanksi yang dijatuhkan (oleh PBB) bukanlah embargo komprehensif. Perdagangan yang terkait kehidupan sehari-hari masyarakat di Korut, khususnya yang menjunjung prinsip humanistis, harusnya tidak terdampak sanksi," ungkap Huang. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAprillia Ika
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X