Agar Naik Kelas, Bekraf Ajari Pelaku UMKM Usaha Kreatif

Kompas.com - 26/07/2017, 19:18 WIB
Deputi II Bidang Akses Pemodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, Rabu (23/8/2016) di Balai Kartini, Jakarta.F Fatimah Kartini Bohang/kompas.comDeputi II Bidang Akses Pemodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, Rabu (23/8/2016) di Balai Kartini, Jakarta.F
|
EditorAprillia Ika

SEMARANG, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi kegiatan usaha kecil dan menengah untuk berkembang lebih tinggi. Agar naik kelas, para pelaku UMKM diajak meningkatkan pengetahuan dan keterampilan usaha secara kreatif.

Salah satu upaya itu dilakukan dengan pembukaan Seri Kelas Keuangan (SKK) kepada para pelaku usaha kecil di Kota Semarang, Rabu (26/7/2017).

"Kami lakukan peningkatan skil UKM kreatif. Di beberapa kota, kegiatan memberikan bimbingan teknis. Kami juga mempertemukan pelaku UMKM dengan perbankan," ujar Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo, Rabu (26/7/2017) siang.

Para pelaku usaha kecil diajarkan untuk mampu mengelola keuangan. Selama ini, pengelolaan keuangan kerap bermasalah karena tercampurnya uang usaha dan uang pribadi. Akibatnya, usaha kecil sulit berkembang.

Sementara soal akses permodalan untuk pengembangan usaha, Bekraf menyediakan jalan dengan pelatihan permodalan, perencanaan bisnis dan pengelolaan keuangan.

Sejumlah pakar memberi bekal pengetahuan dan skil untuk 100 pelaku usaha itu. Mereka dibekali pengalaman dari konsultan bisnis QM Finansial Ligwina Hartanto dan CEO Juliao Nyoman Luthfi.

Selain itu, ada juga angggota komisi X DPR RI Yayuk Basuki. Yayuk sendiri memberikan testimoni soal bagaimana legislatif untuk pengembangan ekonomi kreatif.

Menurut dia, industri kreatif potensial berkembang jika didorong dengan pengembangan yang tepat.

"Industri kreatif di Jateng di beberapa daerah potensial. Di Kendal misalnya yang saya lihat kerajinan tangan," ujar Yayuk. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.