Semester I 2017, Laba Bersih Pertamina Patra Niaga Tumbuh 11 Persen

Kompas.com - 27/07/2017, 19:04 WIB
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba bersih sebesar 39 juta dollar Amerika Serikat (AS) berhasil dibukukan PT Pertamina Patra Niaga (PPN) pada semester I 2017. Pendapatan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) itu naik 11 persen dibandingkan dengan pendapatan periode yang sama tahun lalu yakni sebesar 35 juta dollar AS.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Gandhi Sriwidodo mengatakan bahwa peningkatan laba tersebut merupakan buah kepercayaan masyarakat di tengah sengitnya persaingan industri fuel trading.

Pencapaian laba positif tersebut juga terjadi di tengah sejumlah masalah yakni turunnya harga jual minyak dunia, regulasi impor, situasi pasar industri dan tambang sebagai customer utama, hingga fluktuasi nilai tukar rupiah.

"Dengan kondisi harga minyak dunia turun saat ini, kami masih bisa tumbuh dibanding semester I 2016 lalu," kata Gandhi di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Pertamina Patra Niaga mengatakan laba bersih terus meningkat sejak tiga tahun terakhir. Yakni 37 juta dollar AS pada tahun 2014, 67 juta dollar AS pada tahun 2015, serta 96 juta dollar AS pada tahun 2016.

Biaya operasional yang dikeluarkan Pertamina Patra Niaga juga tercatat mengalami peningkatan 20 persen dari Juni 2016 sebesar 9 juta dollar AS menjadi 10 juta dollar AS.

Pendapatan Pertamina Patra Niaga itu tercatat 73 persen berasal dari bisnis trading (sales agent dan direct sales). Sementara sisanya sekitar 20 persen untuk bisnis services. "73 persen dari trading, 20 persen services," tutup Gandhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.