Strategi Ini Bikin Nasabah Tertarik Simpan Deposito di BCA

Kompas.com - 27/07/2017, 20:55 WIB
Paparan kinerja keuangan PT Bank Central Asia Tbk di Jakarta, Kamis (27/7/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANPaparan kinerja keuangan PT Bank Central Asia Tbk di Jakarta, Kamis (27/7/2017).
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia (BCA) Tbk mencatatkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 16,7 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp 572,2 triliun pada semester I 2017.

Dana giro dan tabungan (CASA) berkontribusi sebanyak 74,6 persen terhadap total DPK. Dana CASA meningkat 12 persen (yoy) menjadi Rp 426,9 triliun pada semester I 2017. Dana deposito mencatat pertumbuhan tertinggi, yakni 33 persen (yoy) menjadi Rp 145,3 triliun pada akhir Juni 2017.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengakui adanya pertumbuhan yang cukup signifikan dalam pengelolaan deposito per semester I 2017. Hal ini, salah satunya didorong ekspektasi perbaikan ekonomi yang lebih baik tahun ini.

"Kita juga melihat kemungkinan proyek-proyek infrastruktur sudah mulai jalan. Akhir tahun lalu kelihatan para kontraktor sudah mulai melaksanakan proyek," ujar Jahja dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Namun, imbuh dia, perseroan juga mengantisipasi mengetatnya likuiditas perbankan. Hingga akhir tahun lalu, loan to deposit ratio (LDR) atau rasio kredit terhadap DPK industri perbankan sudah mencapai 92 persen.

Salah satu upaya yang dilakukan BCA adalah menaikkan bunga deposito sebesar 1 persen pada akhir tahun 2016. Meskipun sudah dinaikkan, tutur Jahja, namun bunga deposito BCA masih lebih rendah dibandingkan yang ditawarkan bank-bank lain.

"Respon nasabah besar sekali. Tahun ini kita tambah Rp 15 triliun lebih," ungkap Jahja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, meningkatnya deposito perseroan juga didorong sisa-sisa dana yang masuk melalui program pengampunan pajak atau tax amnesty. Namun begitu, Jahja mengaku jumlahnya tak terlalu banyak lantaran sebagian besar dana sudah masuk pada akhir tahun 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.