Garuda Indonesia Optimistis Kinerjanya Akan Positif di 2017

Kompas.com - 28/07/2017, 10:33 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk, BUMN penerbangan, optimistis kinerja operasional dan keuangannya akan positif di akhir 2017. Perseroan menerapkan strategi transformasi finansial berkelanjutan untuk menekan net loss.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan indikator perbaikan kinerja perseroan yakni pertumbuhan pendapatan operasional sebesar 7 persen di semester I 2017 menjadi 1,9 miliar dollar AS dibandingkan semester I 2016.

Menurutnya, pencapaian ini sejalan dengan strategi transformasi finansial berkelanjutan yang dilakukan perusahaan.

Dengan strategi itu, Garuda Indonesia berhasil menekan net loss pada kuartal II 2017 dengan nilai net loss sebesar 38 juta dollar AS, turun cukup signfikan hingga 62 persen jika dibandingkan dengan net loss kuartal I 2017 sebesar 99,1 juta dollar AS.

“Melalui momentum pertumbuhan kinerja yang berhasil dicapai itu, kami optimistis kinerja operasional dan keuangan perusahaan akan terus tumbuh positif hingga akhir tahun 2017 ini," kata Pahala, Kamis (27/7/2017).

Pahala merinci, kinerja operasional yang tumbuh positif tersebut salah satunya ditunjang oleh pendapatan internasional pada kuartal II 2017 yang meningkat 16 persen dengan jumlah penumpang internasional yang juga meningkat 14,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu pendapatan penumpang internasional pada semester I 2017 mencapai 653,3 miliar dollar AS, atau lebih besar dibandingkan pendapatan penumpang domestik sebesar 630,7 miliar dollar AS.

Hal tersebut mengindikasikan membaiknya bisnis penerbangan Garuda pada sektor internasional kedepannya.

Peningkatan signifikan juga tercatat pada pendapatan sektor non-scheduled flight services di semester I 2017 yang tumbuh signifikan sebesar 131,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2016.

Pada semester I 2017 ini Garuda Indonesia Group mencatatkan jumlah passenger carried sebanyak 17,2 juta penumpang atau meningkat sebesar 3,9 persen.

Halaman:
Sumber KONTAN


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.