Tak Lulus SMA, Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Kompas.com - 30/07/2017, 18:30 WIB
Zhou Qunfei Dok. KONTANZhou Qunfei
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri perusahaan teknologi layanan kesehatan Theranos Elizabeth Holmes (33) pernah menjadi wanita terkaya di dunia, yang memperoleh kekayaan dengan usahanya sendiri.

Kekayaan Holmes menurut Forbes mencapai 4,5 miliar dollar AS. Namun, karena permasalahan terkait sengketa, Theranos hancur dan kini kantor pusatnya di Palo Alto, California disewakan.

Kekayaan Holmes pun merosot tajam, yang kabarnya nyaris habis. Lalu, siapa saat ini yang menyandang gelar wanita terkaya di dunia dengan usahanya sendiri?

Mengutip Time, Minggu (30/7/2017), gelar tersebut saat ini disandang oleh Zhou Qunfei (47), pendiri dan CEO Lens Technology.

Perusahaan ini adalah produsen layar untuk ponsel pintar iPhone. Lens Technology melantai di bursa saham pada tahun 2015 silam, yang membuat Zhou menjadi sangat kaya.

Harta kekayaan Zhou diestimastikan mencapai sekitar 9 miliar dollar AS.

Dengan jumlah kekayaannya tersebut, Zhou tidak hanya menyandang gelar miliarder wanita yang memperoleh kekayaannya dengan jerih payah sendiri, namun juga merupakan wanita terkaya di dunia yang menaiki tangga kekayaan dengan usahanya sendiri.

"Ia barangkali adalah wanita terkaya di dunia yang paling sukses dengan usahanya sendiri. Ia adalah sesorang yang tak diketahui dunia hingga tahun lalu dan kisahnya fenomenal," kata Rupert Hoogewerf, editor situs pelacak kekayaan warga China, Hurun.

Menurut Hurun, Zhou adalah yang terkaya di jajaran wanita terkaya di China yang memperoleh kekayaan dengan usahanya sendiri. Miliarder wanita adalah produk komitmen pemerintah China terkait kesetaran gender.

"Pemerintah China mengizinkan wanita untuk maju setelah kapitalisme berkembang," ungkap Huang Yasheng, profesor dan pakar kewirausahaan China di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Zhou dibesarkan di kawasan pertanian dan keluar dari SMA pada usia 16 tahun untuk bekerja di pabrik lensa jam tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber time.com

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X