Menhub: Petugas Keamanan Bandara dan Penumpang harus Sama-sama Sopan

Kompas.com - 31/07/2017, 05:48 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (23/7/2017). Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (23/7/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SOLO, KOMPAS.com - Peristiwa pemukulan kembali menimpa petugas Aviation Security (Avsec) bandar udara.

Pemukulan itu dilakukan oleh oknum TNI di terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyayangkan peristiwa tersebut. Terlebih kejadian itu terjadi dalam waktu yang tidak terlalu lama dengan kasus sejenis.

"Saya pikir kita perlu sama-sama melakukan edukasi. Petugas Avsec harus sopan, penumpang juga harus sopan. Bagaimana menata emosi kita dalam bermasyarakat," kata Budi Karya kepada KOMPAS.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu malam (30/7/2017).

Budi Karya pun mengingatkan kepada petugas Avsec maupun pengguna jasa pesawat terbang agar saling menghargai profesi satu sama lain.

"Saya berharap masyarakat menghargai petugas Avsec. Saya juga berharap petugas Avsec menghargai masyarakat. Saling menghargai," kata dia.

Dia pun berharap kasus tersebut bisa segera diselesaikan secepatnya, baik lewat jalur hukum atau kekeluargaan.

"Jika perlu diselesaikan secara hukum ya selesaikan lah secara hukum. Tapi kalau bisa diselesaikan dengan cara lain ya lebih baik," tutup Budi Karya.

Sebagaimana diketahui, perselisihan antara pengguna jasa bandara dengan personel Avsec bukan kali pertama terjadi.

Beberapa waktu lalu, sempat ramai seorang perempuan mengaku istri pejabat Polri yang menampar personel Avsec di Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Tidak lama setelah itu, ada oknum dokter militer yang juga menampar personel Avsec di Bandara Soekarno-Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.