Setelah Sepuluh Tahun, Ini Hasil Bali Beach Clean Up!

Kompas.com - 31/07/2017, 19:06 WIB
penyu-penyu yang baru ditetaskan di lokasi penangkaran penyu Sungailiat Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. heru dahnur/kompas.compenyu-penyu yang baru ditetaskan di lokasi penangkaran penyu Sungailiat Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sejak berdiri sepuluh tahun silam pada 2007, program Bali Beach Clean Up (BBCU) menunjukkan hasil yakni menyingkirkan lebih dari 34 juta kilogram sampah dari pesisir pantai Bali sepanjang 9,7 kilometer seturut pada per Juli 2017.

Program ini merupakan aksi nyata kerja sama antara Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Quiksilver Indonesia (QS). Rilis yang diterima Kompas.com pada Senin (31/7/2017), menunjukkan bahwa  program BBCU didukung dengan 150 tempat sampah baru setiap tahunnya, 4 traktor pantai, 2 barber surf rakes, 3 truk sampah, dan yang terutama 78 kru dari komunitas lokal di sekitar pantai.

“Permasalahan sampah menjadi tanggung jawab kita bersama. Dengan kolaborasi yang semakin baik antara pemerintah, sektor swasta, dan komunitas, semakin cepat pula kemajuan yang akan kita rasakan,” ujar Presiden Direktur CCAI Kadir Gunduz.

Melengkapi program harian BBCU, Bali’s Big Eco Weekend (BBEW) adalah festival tahunan tempat CCAI dan QS menceritakan kemajuan program BBCU. Tahun ini BBCU digelar selama tiga hari sejak 28 Juli 2017.

Dalam kesempatan BBEW, telah dilaksanakan pelepasan seribu tukik ke habitatnya. "Kami berharap  kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran bagi lebih banyak orang mengenai konservasi penyu laut,” ujar Chris James, General Manager Quiksilver South Pacific.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X