Jadi Makanan Terfavorit, Rendang Jadi Varian Olahan Daging Kurban Rumah Zakat

Kompas.com - 31/07/2017, 21:46 WIB
CEO Rumah Zakat Nur Efendi Kompas.com/Kurnia Sari AzizaCEO Rumah Zakat Nur Efendi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Zakat kembali meluncurkan program Superqurban pada tahun 2017.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi menjelaskan, hal yang berbeda pada program Superqurban tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah varian daging olahan. Sebelumnya, Rumah Zakat membagikan daging kurban dalam varian kornet.

"Sekarang kami gulirkan inovasi baru, rendang," kata Nur, kepada Kompas.com, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2017).

Dia menjelaskan, olahan rendang dipilih karena merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain itu, menurut dia, rendang merupakan khazanah yang mencirikan Indonesia dan perlu dilestarikan.

"Bahkan terakhir kan, berdasarkan survei publik secara global yang dirilis CNN Travel, menobatkan rendang sebagai makanan nomor satu terlezat di dunia. Maka ini perlu kami ambil momentumnya," kata Nur.

Nur menjelaskan, jangan setengah-setengah dalam membantu warga kurang mampu. Dengan demikian, perlu diberikan makanan yang paling enak.

Olahan kornet dan rendang ini sudah dikemas dalam bentuk kaleng. Adapun daging kurban ini akan diberikan kepada empat kategori kelompok masyarakat:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bantuan bencana dan kemanusiaan. Bantuan ini khususnya untuk membantu masyarakat yang kesulitan akses makanan, khususnya yang bersumber dari protein hewani. Diantaranya untuk warga terdampak banjir Belitung Timur.

2. Desa Berdaya. Sebanyak 1081 desa yang termasuk dalam Desa Berdaya, mulai dari Aceh hingga Papua. Para relawan inspirasi dari dari Rumah Zakat mengidentifikasi kebutuhan masyarakat setempat. Seperti kekurangan gizi, jarangnya konsumsi daging, dan lemahnya kondisi ekonomi.

"Kemarin di Kulon Progo ada anak yang berat badannya di bawah (standar), sekarang jadi tambah 1 kilogram setelah makan kornet. Jadi ada dampak yang langsung dirasakan," kata Nur.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.