Kompas.com - 31/07/2017, 23:18 WIB
penyerahan Radar di Kantor Distrik Navigasi Kelas I, Jakarta, Senin (31/7/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIpenyerahan Radar di Kantor Distrik Navigasi Kelas I, Jakarta, Senin (31/7/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima hibah Purwarupa atau Prototype Radar Maritim Indera MX-4 dari Kementerian Riset, Teknik, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Radar Maritim tersebut merupakan hasil karya anak bangsa yang dihasilkan melalui riset selama 2 tahun.

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo mengatakan, radar tersebut digunakan untuk memantau dan mengetahui pergerakan kapal. Saat ini, VTS sebelumnya telah terpasang di Stasiun Vessel Traffic Service (VTS) Merak. Radar tersebut, sebelumnya diuji coba di Pelabuhan Merak pada saat angkutan Lebaran 2017.

"Radar ini sudah Kita digunakan pada angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak dan hasilnya sukses. Pada prinsipnya Kita sambut baik karya anak bangsa. Dalam teknologi ini cukup membanggakan," ujar Sugihardjo saat ditemui dalam penyerahan Radar di Kantor Distrik Navigasi Kelas I, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Sugihadrjo menjelaskan, radar tersebut memiliki teknologi tidak dimiliki oleh radar sebelumnya. Salah satunya, radar tersebut bisa dilacak oleh alat pendeteksi radar yang dipasang dikapal. Sehingga, dengan begitu semua kapal yang bergerak di wilayah Pelabuhan Merak bisa terdeteksi.

"Alat ini lebih canggih dari radar konvensional sebelumnya. Alat ini tingkat keamanannya lebih tinggi. Alat ini juga dapat mengedapankan karya anak bangsa," tutur dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhamad Dimyati menambahkan, radar tersebut merupakan radar generasi keempat hasil riset dari anak bangsa. Adapun, biaya yang dikeluarkan untuk riset tersebut sebanyak Rp 2,4 miliar.

"Kelebihan radar ini juga menggunakan bandwidth lebih luas, sehingga semua kapal dapat terdeteksi. Alat ini bisa menutup lubang yang menjadi kekurangan Kemenhub," pungkas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.