Calon Jemaah Umrah First Travel Ricuh, Minta Pemilik Datang

Kompas.com - 01/08/2017, 12:10 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor cabang First Travel di GKM Green Tower, Jakarta digeruduk oleh calon jemaah umrah. Mereka meminta kejelasan terkait dengan pengembalian dana jemaah yang telah disetorkan kepada perusahaan penyedia agen perjalanan tersebut. 

Dari pantauan Kompas.com, Selasa (1/8/2017), sejumlah jemaah bersitegang dan beradu mulut dengan pihak manajemen First Travel. Bahkan, salah satu dari calon jemaah hampir beradu fisik.

Kericuhan tersebut berawal dari beberapa jemaah menanyakan kehadiran pemilik dari First Travel yakni, Andika Surachman ke kantor cabang di GKM Green Tower.

Akan tetapi, salah satu jemaah terbawa emosi sehingga berbicara keras dengan untuk meminta agar pemilik First Travel hadir menyeselaikan permasalahan ini.

"Kami minta owner datang ke sini. Saya percuma marah-marah di sini kalau enggak ada owner," ujar salah satu jemaah yang tidak mau disebutkan namanya, Senin (1/8/2017). 

Namun, kericuhan tersebut menurun setelah beberapa calon jemaah lainnya menenangkan calon jemaah yang telah tersulut emosi.

"Saya sudah bertemu dengan owner. Dia (owner)  janji akan menyelesaikan dengan baik-baik," teriak calon jemaah lain. 

Hingga saat ini, para jemaah terus mendatangi kantor cabang First Travel. Diperkirakan jumlah jemaah yang hadir lebih dari 100 orang.

Sebelumnya, OJK membekukan penawaran perjalanan umrah promo oleh PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel yang saat ini dipatok sebesar Rp 14,3 juta. Padahal, biaya umrah yang ditetapkan oleh Kementerian Agama sekitar Rp 21 juta-Rp 22 juta.

First Travel menyubsidi jamaah dan merekrut jamaah baru untuk membiayai serta memberangkatkan jamaah yang sudah membayar terlebih dahulu.

Terkait dengan tuntutan tersebut, First Travel telah menyetujui untuk mengembalikan uang jemaah yang telah disetor. Namun, pengembalian uang tersebut memakan waktu 90 hari kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.