Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Usai Lebaran, Kementerian Pertanian Raih Penghargaan

Kompas.com - 01/08/2017, 20:46 WIB
Josephus Primus

Penulis


KOMPAS.com -Senyum sumringah menghiasi wajah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman awal Juni lalu. Di kantor Kementerian Pertanian, pada Senin (5/6/2017), dia mengatakan bahwa stok lima komoditas penting yakni beras, gula pasir, aneka cabai, bawang, hingga daging tak kekurangan.

Pasokan komoditas strategis itu, kata Amran, lebih dari cukup untuk menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah yang jatuh pada 25 dan 26 Juni 2017. Menurutnya, pemerintah memiliki stok beras mencapai dua juta ton dan gula pasir 360.000 ton.

Ketersediaan sapi lokal siap potong hingga Juni 2017 berjumlah 356.620 ekor atau setara dengan 62.400 ton daging.  Sementara, posisi stok daging impor hingga 18 Mei 2017 lalu mencapai 70.518 ton.

Untuk komoditas cabai rawit merah maupun hijau pada bulan Juni, ketersediaannya mencapai 84.237 ton. Sedangkan, perkiraan kebutuhan sebanyak 75.050 ton.

Selain itu, stok bawang merah untuk bulan Juni berjumlah 123.489 ton, dengan perkiraan kebutuhan sekitar 114.846 ton.

Paling penting juga, imbuh Amran, semua komoditas yang bisa mempengaruhi kenaikan harga sudah bisa dijaga. "Semua komoditas strategis yang bisa berkontribusi pada inflasi, kami amankan. Kita jaga inflasi," ujarnya.

Baca: Mentan Pastikan Stok Pangan Cukup untuk Kebutuhan Lebaran

Ganjaran prestasi

Selang sebulan kemudian, upaya Kementerian Pertanian menjaga stok pangan itu menjadi salah satu poin penghargaan dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

Kementerian Pertanian menerima penghargaan Apresiasi Prestasi Lebaran 2017 bersama 14 kementerian/lembaga dan BUMN lainnya. Penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com pada Selasa (1/8/2017).

Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) Yudi Latif mengatakan, kinerja positif aparatur negara dapat dijadikan teladan dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan dan perusahaan yang baik. Penyerahan penghargaan itu merupakan langkah awal UKP PIP dalam mengapresiasi prestasi aparatur negara dan masyarakat.

"Penghargaan serupa akan diberikan secara reguler dan ke depan akan bekerja sama dengan Pokja Revolusi Mental," ujar Yudi Latif.

Kinerja Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, dan Kapolri dalam mengendalikan stabilisasi harga pangan selama bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri diapresiasi Presiden RI Joko Widodo. Hal itu disampaikan dalam sidang kabinet paripurna dengan agenda rapat evaluasi harga-harga bahan pokok dan antisipasi mudik Lebaran pada Kamis (22/6/2017) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com