Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf Targetkan Industri Kreatif Sumbang Rp 1.000 Triliun dari Total PDB

Kompas.com - 03/08/2017, 10:15 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menargetkan industri kreatif menyumbang Rp 1000 triliun dari total pendapatan domestik bruto (PDB). Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan saat ini industri kreatif berkontribusi sebesar Rp 852 triliun.

"Mudah-mudahan nilai kontribusi ekonomi kreatif juga meningkat terus, sehingga dapat menyumbang mudah-mudahan sampai Rp 1.000 triliun dari total PDB," kata Triawan, di Perpustakaan Habibie dan Ainun, Jakarta Selatan, Rabu (2/8/2017).

Sumbangan terbesar dari industri kreatif terhadap PDB adalah kuliner sebesar 32,4 persen, fashion sebesar 27,9 persen, dan kerajinan sebesar 14,88 persen. Sedangkan untuk ekspor, fashion menyumbang PDB paling banyak, disusul kuliner dan kerajinan.

Saat ini, ada beberapa sub sektor yang akan terus berkembang ke depannya. Seperti seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio, aplikasi game, musik, fotografi, film animasi dan video, dan lain-lain.

"Jadi dengan adanya percepatan teknologi percepatan yang luar biasa, membuat konten-konten budaya merasa semakin kurang. Karena pasar begitu diperkenalkan dengan konten yang bagus, mereka menuntut konten yang baru lagi, yang baru lagi," kata Triawan.

Industri kreatif, lanjut dia, bisa menjadi sektor utama dalam pertumbuhan perekonomian. Saat ini, kata dia, sumbangan dari industri kreatif masih sekitar 8 persen dari total PDB.

"Tapi sebetulnya kalau perhitungannya diperbaiki, mungkin sudah di atas 10 persen. Jadi mudah-mudahan kontribusi ekonomi betul-betul meningkat plus dengan perhitungan benar, enggak lama lagi, 1/4 PDB kita bisa berasal dari ekonomi kreatif," kata Triawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com