Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air dengan Wings Air Bersenggolan, 21 Penerbangan Terkena Dampak

Kompas.com - 03/08/2017, 15:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia membenarkan adanya senggolan antara pesawat Lion Air dan pewasat Wings Air di Bandara Kualanamu, Medan.

Menurut AirNav, sebanyak 21 penerbangan terdampak atas kejadian senggolan tersebut. 

"Data kami menunjukkan bahwa sekitar 21 penerbangan terdampak atas peristiwa ini terdiri dari 15 pemberangkatan dan 6 kedatangan, namun kesemuanya dapat terkelola dengan baik," ujar Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Didiet KS Radityo dalam keterangannya, Kamis (3/8/2017).

Didiet mengungkapkan, kejadian senggolan tersebut terjadi pada pukul 11.01 WIB. Dengan adanya kejadian tersebut, pihak tower Bandara Kualanamu langsung meminta kepada Angkasa Pura II untuk melakukan pemeriksaan landasan pacu.

Setelah pengelola Bandara Kualanamu melakukan pengecekan landasan pacu, operasional di Bandara Kualanamu kembali normal.

"Saat ini sudah kembali normal, kurang lebih penutupan runway hanya 20 menit," imbuh dia. 

Terkait dengan kejadian ini, Airnav akan bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menginvestigasi kejadian tersebut.

"Sinergi dan koordinasi yang baik dari semua stakeholder penerbangan di lapangan kami dapat mengatasi peristiwa ini dapat ditanggulangi dengan cepat dan baik," pungkas dia. 

Sebelumnya, Pesawat Lion Air bersenggolan dengan pesawat Wings Air di Bandara Internasional Kualanamu. Kejadian senggolan dua pesawat tersebut terjadi setelah pesawat Lion Air melakukan pendaratan.

Public Relation Lion Air Group, Andy M Saladin menerangkan, dua pesawat tersebut bersenggolan di bagian sayap. Senggolan tersebut menyebabkan salah satu sayap pesawat Wings Air patah.

Pesawat Lion Air tersebut baru saja mendarat setelah terbang dari Banda Aceh menuju Medan dengan nomor penerbangan JT 197 dan menggunakan pesawat tipe Boeing737-900 ER dengan registrasi PK-LJZ, sedangkan Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1252 yang akan membawa penumpang dari Medan menuju Meulaboh dengan pesawat ATR 72-500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com