Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2022, 80 Persen Kredit BRI Disalurkan ke UMKM

Kompas.com - 03/08/2017, 19:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan kredit sebesar Rp 687,5 triliun pada semester I 2017.

Angka ini tumbuh 11,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 615,5 triliun.

Direktur Utama BRI Suprajarto menuturkan, dari seluruh kredit yang disalurkan BRI pada semester I 2017, sebanyak 74,4 persen di antaranya atau Rp 490 triliun disalurkan ke segmen UMKM.

"UMKM merupakan fokus bisnis BRI," kata Suprajarto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Suprajarto menuturkan, ke depan, perseroan akan tetap memberdayakan UMKM. Beberapa cara yang dilakukan perseroan adalah dengan menyalurkan pembiayaan, antara lain dengan kredit usaha rakyat (KUR) dan kredit korporasi.

Menurut dia, perseroan pun merencanakan untuk terus meningkatkan porsi pembiayaan ke segmen UMKM. Saat ini, persentase pembiayaan ke segmen UMKM mencapai 72 persen, sementara ke segmen korporasi sebesar 28 persen.

"Ini memang kita sudah merencanakan hal-hal terkait ini. Tiap tahun kami akan memperbesar porsi UMKM," tutur Suprajarto.

Ia mengungkapkan, pada tahun 2022 mendatang, porsi pembiayaan UMKM oleh BRI mencapai 80 persen. Adapun sisanya, yakni 20 persen, akan disalurkan ke segmen korporasi.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, memang membutuhkan upaya yang tidak mudah. Namun, sejak saat ini, BRI sudah mulai menciptakan berbagai rencana untuk terus meningkatkan porsi pembiayaan ke segmen UMKM.

"Karena kami adalah agen pembangunan, maka harus betul-betul bagaimana kontribusi kita terhadap masyarakat kecil dan UMKM," terang Suprajarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com