Kompas.com - 03/08/2017, 21:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) menyepakati kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan.

Kerja sama ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) bagi para eksportir.

Menurut Plt Direkrur Eksekutif Indonesia Eximbank Susiwijono, pemberian fasilitas KITE ini dibutuhkan oleh eksportir.

Hal ini sejalan dengan pemulihan ekonomi global dan perbaikan pertumbuhan nilai ekspor per semester I 2017 sebesar 14,03 persen.

"Dengan KITE, eksportir akan terbebas dari bea masuk dan PPN atas bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor," kata Susiwijono dalam pernyataan resmi, Kamis (3/8/2017).

Ia menjelaskan, fasilitas ini tentu akan mengurangi biaya produksi barang dan memangkas proses birokrasi. Dengan demikian, harga produk ekspor Indonesia akan lebih kompetitif di pasar global.

"Eximbank bersedia memberikan jaminan bagi fasilitas KITE pembebasan yang dimiliki eksportir kepada Ditjen Bea Cukai," tutur Susiwijono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada semester I 2017, total aset Indonesia Eximbank mencapai Rp 108,38 triliun. Pembiayaan UKME tercatat sebesar Rp 11,12 triliun atau 11,5 persen dari total pembiayaan yang tercatat sebesar Rp 96,82 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.