Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Fasilitas KITE, Daya Saing Eksportir Ditingkatkan

Kompas.com - 03/08/2017, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) menyepakati kerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan.

Kerja sama ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) bagi para eksportir.

Menurut Plt Direkrur Eksekutif Indonesia Eximbank Susiwijono, pemberian fasilitas KITE ini dibutuhkan oleh eksportir.

Hal ini sejalan dengan pemulihan ekonomi global dan perbaikan pertumbuhan nilai ekspor per semester I 2017 sebesar 14,03 persen.

"Dengan KITE, eksportir akan terbebas dari bea masuk dan PPN atas bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor," kata Susiwijono dalam pernyataan resmi, Kamis (3/8/2017).

Ia menjelaskan, fasilitas ini tentu akan mengurangi biaya produksi barang dan memangkas proses birokrasi. Dengan demikian, harga produk ekspor Indonesia akan lebih kompetitif di pasar global.

"Eximbank bersedia memberikan jaminan bagi fasilitas KITE pembebasan yang dimiliki eksportir kepada Ditjen Bea Cukai," tutur Susiwijono.

Pada semester I 2017, total aset Indonesia Eximbank mencapai Rp 108,38 triliun. Pembiayaan UKME tercatat sebesar Rp 11,12 triliun atau 11,5 persen dari total pembiayaan yang tercatat sebesar Rp 96,82 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com