Kompas.com - 04/08/2017, 14:15 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengungkapkan proyek pembangunan kereta api ringan atau Light Rapid Transit (LRT) tahap I secara keseluruhan mencapai 17 persen. 

Progres proyek tersebut meliputi relasi Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas. 

"Jadi yang dari Cibubur-Cawang 37 persen, Bekasi Timur-Cawang 17 persen, Cawang-Dukuh Atas 3 persen. Ya secara akumulitif 17 persen," ujar Direktur Operasi Pundjung Setya Brata, saat ditemui di Lokasi Pembangunan LRT ?ruas Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Pundjung menuturkan, pada tahun ini perseroan masih mengerjakan struktur lintasan dari LRT. Selain itu, perseroan pada tahun ini juga akan membangun sistem persinyalan LRT.

"Tahun depan tahun tersibuk buat kami. Karena selain struktur, item track box, railway system isinya power supply, telecommunication system, signal system,"jelas dia.

(Baca: Lahan Proyek LRT Jabodebek Bermasalah)

 

Terkait dengan lahan, Pundjung mengatakan, saat ini masih perseroan masih menyelesaikan lahan milik warga seluas 5 hektar di Bekasi Timur. Lahan tersebut akan dibangun perseroan untuk Depo kereta LRT. 

"Tinggal untuk Depo. Rencananya hari Senin ada rapat dengan Pemprov Jabar untuk finalisasi pembebasan itu. Diharapkan akhir bulan ini udah selesai," tambah dia. 

Pembangunan LRT sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa PT Adhi Karya Tbk ditunjuk sebagai badan usaha yang akan membangun prasarana LRT.

Untuk tahap pertama pembangunan LRT, nilai investasi ditaksir sekitar Rp 11,9 triliun atau separuh dari total proyek LRT yang dibangun Adhi Karya, yakni Rp 21,7 triliun.

Pada tahap pertama pembangunan LRT mencakup tiga trase, yaitu Cibubur-Cawang sepanjang 13,7 kilometer, Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 kilometer (Tahap I A) dan Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,9 kilometer (Tahap I B).

(Baca: Menhub: Bank Swasta Mulai Lirik Proyek LRT Jabodebek)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.