Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

PGN Bagikan Konverter Kit dan Bangun Jaringan Gas di Lampung

Kompas.com - 04/08/2017, 16:00 WIB
EditorKurniasih Budi


KOMPAS.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, menugaskan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) untuk membagikan konverter kit bahan bakar gas (BBG). Selain itu, PGN telah mulai membangun jaringan gas bumi (jargas) untuk rumah tangga di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Alimuddin Baso mengatakan, konverter kit yang dibagikan berjumlah 116 unit. PGN membagikan konverter kit itu pada kendaraan dinas dan angkutan kota.

“Sebanyak 116 konverter kit dibagikan gratis ke kendaraan dinas Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi Lampung,” kata Alimuddin, di acara Groundbreaking Pembangunan Jargas Rumah Tangga dan Penyerahan Konverter Kit di Bandar Lampung, Kamis (3/8/2017).

PGN juga ditugaskan untuk membangun dan mengoperasikan jaringan gas bumi sebanyak 10.321 sambungan rumah. Pemasangan jaringan gas bumi tersebar di 21 kelurahan di Bandar Lampung.

Proyek jaringan gas bumi di Bandar Lampung sepanjang 204 km tersebut, ditargetkan selesai pada akhir 2017.  Selain di Lampung, PGN tahun ini juga membangun jaringan gas bumi di Musi Banyuasin, DKI Jakarta, dan Mojokerto. Jaringan yang dibangun mencapai 26.000 sambungan rumah tangga.

Sebelumnya, PGN ditugaskan untuk membangun dan mengoperasikan jaringan gas bumi di 8 wilayah. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 2461 K/12/MEM/2017, PGN membangun di Jabodetabek, Kabupaten Bogor, Kota Cirebon, Kota Surabaya, Kota Tarakan, Kabupaten Blora, Kota Semarang dan Kabupaten Sorong.

Setiap tahun, pemerintah bersama BUMN akan terus menambah pembangunan jaringan gas bumi rumah tangga.

"Sehingga, semakin banyak masyarakat merasakan manfaat menggunakan gas bumi. Mulai dari lebih efisien, mudah, praktis dan mengalir 24 jam penuh tanpa takut kehabisan,” ujar Alimuddin.

Baca: Gas Bumi PGN Tingkatkan Efisiensi Industri Kertas

Pemerintah juga menugaskan PGN melalui anak usaha PT Gagas Energi Indonesia membagikan konverter kit di sejumlah wilayah. Yakni, Jakarta, Bogor, Batam, Pondok Ungu, IRTI Monas, Grogol, Sukabumi, Purwakarta, Bandung, Surabaya dan Gresik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+