BI Buka Peluang Longgarkan Kebijakan Moneter, Asal...

Kompas.com - 04/08/2017, 18:16 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memandang laju inflasi indeks harga konsumen (IHK) hingga bulan Juli 2017 terkendali. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka bank sentral memiliki peluang untuk melakukan pelonggaran kebijakan moneter.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengungkapkan, terbukanya pelonggaran kebijakan moneter tersebut sejalan dengan upaya untuk menopang pertumbuhan ekonomi lebih lanjut.

"BI melihat kondisi inflasi terjaga dan kami akan betul-betul mengamati. Kalau situasi terus menunjukkan kondisi terjaga, maka tidak tertutup kemungkinan BI akan easing (melonggarkan kebijakan moneter)," kata Agus di kantornya di Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Agus menuturkan, kemungkinan melakukan pelonggaran kebijakan moneter tersebut sejalan dengan upaya BI dalam merespons dan membantu terjaganya investasi serta laju pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Meskipun demikian, kemungkinan pelonggaran tersebut masih bergantung pada data ekonomi yang ada.

"Namun, ini semua tergantung pada data saat Rapat Dewan Gubernur," terang Agus.

Ia menuturkan, BI memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada tren perbaikan. BI pun tetap memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2017 berada di kisaran 5 hingga 5,4 persen.

Bank sentral akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 21 dan 22 Agustus 2017 mendatang. Selain membahas kondisi perekonomian terkini, dalam RDG BI juga ditetapkan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.