Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TPK Koja Operasionalkan 720 Meter Dermaga JICT

Kompas.com - 06/08/2017, 19:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Peti Kemas (TPK) Koja mulai mengoperasionalkan dermaga utara PT Jakarta International Container Terminal (JICT) sepanjang 720 meter. Operasional itu terhitung mulai Minggu (6/8/2017) ini.

"Langkah ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama B to B antara PT JICT dan TPK Koja untuk mangoperasikan dermaga utara JICT," kata Wakil Direktur Utama PT JICT Riza Erivan, dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Minggu.

TPK Koja sebelumnya mengoperasionalkan dermaga utara sepanjang 300 meter. Proses pengalihan operasional bongkar muat ini, lanjut Riza, berlangsung lancar.

Dengan adanya pengalihan ini, direksi PT JICT berharap, workload yang berada di terminal-terminal sekitar akan semakin berkurang.

"Sehingga akan lebih melancarkan arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok," kata Riza.

Perusahaan, lanjut dia, juga akan menjalankan setiap aturan sesuai tata kelola perusahaan yang baik dan good corporate governance.

Adapun kegiatan bongkar muat JICT lumpuh akibat aksi mogok para karyawannya yang menuntut pembayaran bonus sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Namun, direksi PT JICT membantah tak membayarkan bonus tersebut. Mereka menyebut, telah membayarkan bonus karyawan tahun 2016 pada Mei 2017.

Akibat lumpuhnya kegiatan di JICT, aktivitas bongkar muat dialihkan ke empat terminal. (Baca: Selama Pekerja JICT Mogok, Bongkar Muat Dialihkan ke 4 Terminal)

Selain ke TPK Koja, bongkar muat juga dialihkan ke New Priok Container Terminal One (NPCT1), Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, dan Terminal Mustika Alam Lestari (MAL).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com