Survei Michael Page: Pencari Kerja Indonesia Optimistis Pada 3 Area

Kompas.com - 07/08/2017, 21:00 WIB
Ilustrasi: para pencari kerja KOMPAS / TOTOK WIJAYANTOIlustrasi: para pencari kerja
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei yang dilakukan oleh pakar perekrutan global, Michael Page, menyebutkan bahwa ada tiga area penting yang dinilai optimis membaik oleh para pencari kerja di Indonesia.

Michael Page Job Applicant Confidence Index Q2 2017 menyatakan tiga area tersebut yakni area pengembangan keterampilan, area perluasan cakupan pekerjaan dan area tingkat kompensasi yang lebih baik.

Dalam survei tersebut, pencari kerja di Indonesia, sebanyak 89 persen diantaranya optimistis pengembangan keterampilan akan lebih baik dalam 12 bulan mendatang.

Kemudian, sebanyak 78 persen responden optimistis perluasan cakupan kerja di Indonesia akan membaik dalam 12 bulan. Lantas, 75 persen responden percaya bahwa tingkat kompensasi upah akan lebih baik dalam 12 bulan ke depan.

Survei yang dilakukan oleh pakar perekrutan global, Michael Page, menyebutkan bahwa tenaga kerja profesional Indonesia menempati peringkat teratas terhadap keyakinan akan lapangan pekerjaan di Asia Pasifik.  

Setelah Indonesia, posisi kedua dan ketiga dalam survei tersebut ditempati oleh Thailand dan India.  (Baca: SKK Migas Ingatkan Masyarakat Waspadai Lowongan Kerja di Perusahaan Minyak)

Survei Michael Page yang dirilis per kuartal ini melacak indeks keyakinan terhadap lapangan pekerjaan dari para pencari kerja diseluruh kota besar di Asia Pasifik.

Michael Page Job Applicant Confidence Index Q2 2017, telah mengevaluasi respons dari 412 karyawan tingkat menengah hingga senior di Indonesia, di berbagai perusahaan dan industri.

Olly Riches, Presiden Direktur Michael Page Indonesia mengatakan bahwa tenaga kerja profesional di Indonesia memiliki hasrat yang kuat untuk terus meningkatkan berbagai keterampilannya untuk masa mendatang.

"Pola pikir progresif ini sangat selaras dengan gelombang start-up kewirausahaan, fintech (teknologi finansial) dan bisnis e-commerce yang sedang dibangun secara lokal," kata dia melalui rilis, Senin (7/8/2017).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X