KEIN Sarankan Pemerintah Dongkrak Ekspor lewat Diplomasi Dagang

Kompas.com - 08/08/2017, 09:07 WIB
Suasana aktivitas bongkar muat Terminal Peti Kemas Kalibaru atau New Priok Container Terminal usai diresmikan Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Selasa (13/9/2016). TRIBUNNEWS / HERUDINSuasana aktivitas bongkar muat Terminal Peti Kemas Kalibaru atau New Priok Container Terminal usai diresmikan Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Selasa (13/9/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Ekonomi dan Industri Nasional ( KEIN) meminta pemerintah untuk lebih mendorong kinerja ekspor. Hal ini perlu dilakukan menyusul keterbatasan fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta menuturkan, salah satu cara yang perlu bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekspor yaitu dengan mendorong diplomasi perdagangan melalui perwakilan-perwakilan Indonesia di negara sahabat.

“Di tengah keterbatasan fiskal, pemerintah harus mendorong perdagangan agar ekspor kita dapat tumbuh positif,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Dalam diplomasi perdagangan, peran Duta Besar atau para diplomat RI di negara sahabat perlu berperan aktif dalam menjalin kerja sama perdagangan dengan pemerintah setempat maupun dengan dunia usahanya.

Arif meyakini diplomasi dagang bisa diharapkan untuk meningkatkan kinerja ekspor baik secara langsung maupun kerja sama perdagangan atau counter trade.

Tak hanya itu, ia meminta pemerintah tidak sungkan memberikan insentif ekspor untuk dunia usaha agar ekonomi dalam negeri ikut bergairah, terutama bagi industri yang menyerap tenaga kerja besar.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal II 2017, pertumbuhan ekonomi tumbuh 5,01 persen, lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 5,18 persen.

Adapun kinerja ekspor yang menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi mampu tumbuh 3,36 persen, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang justru minus 2,73 persen.

KEIN mengharapkan kinerja ekspor bisa terus meningkat sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lebih besar dan target pertumbuhan ekonomi 5,2 persen pada tahun ini bisa tercapai.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X