Qatar Airways Bakal Segera Terima Pesawat Airbus A350-1000 Pertama

Kompas.com - 10/08/2017, 10:30 WIB
Airbus A350 saat unjuk kebolehan di Singapore Airshow 2016. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comAirbus A350 saat unjuk kebolehan di Singapore Airshow 2016.
|
EditorAprillia Ika

DOHA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Qatar Airways dikabarkan bakal menerima pesawat Airbus A350-1000 pertamanya. Pengiriman pesawat terbesar yang pernah dibuat Airbus tersebut dilakukan sebelum akhir tahun 2017 ini.

Mengutip Reuters, Kamis (10/8/2017), Qatar Airways adalah salah satu konsumen pertama pesawat penumpang dua mesin terbesar itu. Qatar Airways akan menerima satu dari 37 pesawat yang dipesan pada tahun ini.

Maskapai tersebut telah memangkas pesanan untuk empat pesawat Airbua A350-900. Sebelumnya, Qatar Airways juga pernah menolak pesawat yang sudah dikirimkan lantaran ada masalah kualitas.

"Airbus telah meyakinkan kami bahwa kami akan menerima pesawat-pesawat kami, meski terlambat, tapi kami akan menerimanya sebelum akhir tahun ini," kata CEO Qatar Airways Akbar Al-Baker.

(Baca: Penerbangan Saudi-Qatar Tutup, Jemaah Umrah hingga TKI Kena Getahnya)

 

Seorang juru bicara Airbus mengonfirmasi bahwa raksasa pabrikan pesawat asal Perancis tersebut berencana mengirimkan pesawat A350-1000 pertama ke Qatar Airways tahun ini.

Maskapai itu memang memiliki reputasi sangat menuntut kualitas saat meninjau ulang pesawat sebelum dikirim.

Qatar Airways memesan 80 unit pesawat Airbus seri A350. Pesanan itu termasuk yang sudah dibatalkan dan saat ini maskapai itu sudah memiliki 19 unif A350-900 dalam jajaran armadanya.

Qatar Airways juga menegosiasi ulang pesanan 50 unit pesawat Airbus A320neo, juga termasuk versi A319 daj A321neo. Pada tahun 2015, maskapai tersebut menolak pengiriman pesawat-pesawat itu lantaran ada masalah dalam performa. 

Kompas TV Putus Hubungan Diplomatik, Qatar Airways Tak ke Arab Saudi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X