Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digitalisasi di Asuransi Umum Belum Maksimal

Kompas.com - 10/08/2017, 20:51 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Proses digitalisasi di perusahaan asuransi umum belum maksimal. Dalam pandangan Direktur Utama PT Asuransi Buana Independent (ABI) I Made Marka, hal itu belum terjadi karena variasi bisnis di asuransi umum beragam. "Beda dengan di asuransi jiwa yang lebih homogen," katanya, kemarin.

Marka yang terbilang senior berkecimpung di bisnis asuransi kerugian atau umum menerangkan bahwa pada bisnis asuransi umum ada banyak syarat dalam penutupan asuransi. Sementara, layanan asuransi umum beragam mulai dari properti, kendaraan bermotor hingga pengiriman barang.

Ia memberi contoh penutupan asuransi pabrik. "Kami harus mendatangi sendiri pabrik itu untuk melihat apakah pabrik itu bersih kondisinya? Penjagaan terhadap jaminan kebakaran seperti apa? Itu banyak sekali," tuturnya.

Sementara itu, terkait ABI, I Made Marka mengatakan bahwa sampai dengan kuartal II 2017, pihaknya sudah merealisasikan sekitar 50 persen dari target premi bruto. "Tahun ini targetnya Rp 306 miliar," tuturnya.

Jika dibandingkan dengan pencapaian pada 2016, lanjut Marka, pihaknya berhasil meningkatkan pertumbuhan hingga 3 persen dari  premi properti. Dari  premi properti itu, pertumbuhan 9 persen dicapai oleh industri asuransi bisnis bidang properti.

Per 2016, ABI berhasil meraih laba sebelum pajak mencapai Rp 48,23 miliar. Angka ini naik 65 persen dari posisi raihan pada 2015. Sampai dengan 2015 berakhir, raihan laba sebelum pajak ABI adalah Rp 29,23 miliar.

Menurut Marka, sejak menjadi perusahaan pada 60 tahun silam, ABI mempunyai portofolio 50 persen layanan asuransi umum di bidang properti. Kemudian, di bidang kendaraan bermotor mencapai 35 persen. Lantas, bidang pengangkutan barang khususnya kargo 11 persen. "Sisanya, aneka bidang 4 persen," pungkas I Made Marka.

Menurut Direktur Utama PT Asuransi Buana Independent (ABI) I Made Marka, perusahaan yang berdiri pada 9 Agustus 1957 dengan nama NV Maskapai Asuransi Independent ini mempunyai tiga layanan asuransi utama yakni properti, kendaraan bermotor, dan pengangkutan barang.Kompas.com/Josephus Primus Menurut Direktur Utama PT Asuransi Buana Independent (ABI) I Made Marka, perusahaan yang berdiri pada 9 Agustus 1957 dengan nama NV Maskapai Asuransi Independent ini mempunyai tiga layanan asuransi utama yakni properti, kendaraan bermotor, dan pengangkutan barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com