Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Gaji Saat Wawancara Kerja, Harus Jawab Apa?

Kompas.com - 11/08/2017, 10:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Anda tengah melamar pekerjaan atau malah ingin berganti pekerjaan. Kemudian, Anda menjalani sesi wawancara dengan perusahaan baru yang menjadi tujuan Anda. Pada sesi wawancara, tak jarang pertanyaan soal gaji diajukan.

Bagi Anda yang sebelumnya telah bekerja, pertanyaan yang dimaksud adalah soal gaji Anda saat ini.

Mengutip CNBC, Jumat (11/8/2017), penulis buku manajemen Suzy Welch mengatakan, pertanyaan ini umum diajukan namun kerap membuat seseorang tak nyaman. Oleh sebab itu, Welch membagikan tipsnya kepada Anda soal pertanyaan gaji ini.

Ada beberapa perusahaan yang meminta Anda cukup membeberkan kisaran, sehingga Anda tidak mengatakan angka sebenarnya.

Namun, menurut Welch, cara terbaik untuk mengamankan tempat Anda di perusahaan baru dan meningkatkan karier Anda adalah dengan menjawab jujur.

(Baca: Di Jepang, Gaji Pria Kini Lebih Rendah Ketimbang Wanita)

"Orang akan bilang pada Anda untuk 'memainkan' pembicaraan ini. Kalau tidak Anda cukup jabarkan kisarannya," ujar Welch.

Ia mengakui, keputusan untuk memberitahu gaji Anda memang berisiko. Oleh karena itu, ada dua hal yang harus diketahui untuk menanggapi pertanyaan seputar gaji saat wawancara kerja.

Pertama, ketahui nilai pasar Anda. Welch menyatakan, diskusi soal gaji adalah tahapan yang malas dilalui oleh setiap orang, karenanya Anda harus terlebih dahulu mengetahui posisi Anda.

"Cerdaslah dan lakukan riset. Temukan besaran gaji untuk posisi itu dan ketahui seberapa bernilai keahlian Anda dalam pasar tenaga kerja," ungkap Welch.

Kalau Anda menemukan ternyata Anda digaji terlampau rendah, Welch mengakui hal itu bisa terjadi jika Anda sudah bekerja terlalu lama di sebuah perusahaan atau memang direkrut dengan gaji rendah.

Anda juga dalam kasus tertentu menemukan bahwa Anda digaji terlalu tinggi.

Kedua, paparkan gaji Anda saat ini tapi buatlah kasus spesifik. Maksudnya, ketika Anda sudah membandingkan gaji untuk pekerjaan serupa, jujurlah mengenai gaji Anda saat ini.

(Baca: Ini Sektor dengan Rata-rata Gaji Karyawan Paling Tinggi di Indonesia)

 

Dengan melakukan itu, Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki integritas. Welch pun memberikan contoh mengenai apa yang harus Anda katakan.

"Gaji saya X, bonus saya biasanya Y, dengan demikian total penghasilan saya hanya Z," kata Welch. 

Kompas TV Deretan Klub Sepak Bola dengan Gaji Terbesar di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com