Pemerintah Dorong Ekspor Mobil

Kompas.com - 12/08/2017, 15:40 WIB
Perakitan mobil menggunakan mesin yang juga dibuat lokal Indonesia. Agung KurniawanPerakitan mobil menggunakan mesin yang juga dibuat lokal Indonesia.
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berharap industri mobil di dalam negeri bisa menjadi raja di rumah sendiri. Tak hanya itu, eskpor mobil Indonesia ke luar negeri juga diharapkan semakin meningkat.

"Bagaimana industri mobil bisa bersaing, efisien dan bisa memperluas pasar dalam negeri dan luar negeri, itu harapan kita," kata Kalla di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (11/8/2017).

Guna meningkatkan ekspor industri mobil Indonesia, pemerintah tengah menyiapkan car terminal di Tanjung Priok dan di pelabuhan Patimban Subang yang lebih besar.

"Pemerintah siapkan infrastruktur terlebih dulu, sehingga jika ekspor mobil ditingkatkan tidak akan jadi masalah," kata Kalla.

Tak hanya dari sisi infrastruktur, kesiapan regulasi pemerintah untuk mendukung peningkatan ekspor tahun ini sebesar 20 persen juga terus dioptimalkan.

"Baik dari sisi industri, lingkungannya, dan aturan Pemerintah disiapkan. Dengan itu kami harapkan bahwa ekspor tahun ini naik 20 persen," kata Kalla.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X