Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dorong Ekspor Mobil

Kompas.com - 12/08/2017, 15:40 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berharap industri mobil di dalam negeri bisa menjadi raja di rumah sendiri. Tak hanya itu, eskpor mobil Indonesia ke luar negeri juga diharapkan semakin meningkat.

"Bagaimana industri mobil bisa bersaing, efisien dan bisa memperluas pasar dalam negeri dan luar negeri, itu harapan kita," kata Kalla di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (11/8/2017).

Guna meningkatkan ekspor industri mobil Indonesia, pemerintah tengah menyiapkan car terminal di Tanjung Priok dan di pelabuhan Patimban Subang yang lebih besar.

"Pemerintah siapkan infrastruktur terlebih dulu, sehingga jika ekspor mobil ditingkatkan tidak akan jadi masalah," kata Kalla.

Tak hanya dari sisi infrastruktur, kesiapan regulasi pemerintah untuk mendukung peningkatan ekspor tahun ini sebesar 20 persen juga terus dioptimalkan.

"Baik dari sisi industri, lingkungannya, dan aturan Pemerintah disiapkan. Dengan itu kami harapkan bahwa ekspor tahun ini naik 20 persen," kata Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com