Tembus Rekor, Produksi Baja China Mencapai 74 Juta Ton

Kompas.com - 14/08/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi baja www.shutterstock.comIlustrasi baja
|
EditorAprillia Ika

BEIJING, KOMPAS.com - Produksi baja China menembus rekor tertinggi bulanan sebesar 74,02 juta ton pada Juli 2017. Angka ini naik 10,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sejalan dengan peningkatan produksi secara signifikan.

Pada bulan sebelumnya, produksi baja China mencapai 73,23 juta ton. Peningkatan tersebut pun memicu kekhawatiran mengenai kelebihan pasokan di pasar.

Mengutip Reuters, Senin (14/8/2017), Badan Statistik Nasional menyebut, sejak awal tahun 2017 produksi baja China mencapai 491,55 ton. Realisasi tersebut naik sebesar 5,1 persen.

Normalnya, kegiatan pada sektor terkait cenderung melambat selama periode musim panas ketika pembangunan konstruksi melambat akibat cuaca yang panas.

(Baca: Krakatau Steel Keluhkan Susahnya Hadapi Serbuan Baja China)

"Namun demikian, produsen terdorong untuk menggenjot laba dengan bekerja dengan kapasitas penuh," ujar Xu Bo, analis komoditas baja di Haitong Futures.

Data tersebut kemungkinan besar akan menyulut kekhawatiran di AS dan Eropa.

Pasalnya, upaya China untuk memangkas kelebihan kapasitas pada industri tidak berdampak pada penurunan pasokan, yang diklaim para pesaingnya di luar negeri membuat pasar internasional kebanjiran baja China.

Selama beberapa tahun terakhir, China mendorong sektor manufaktur yang dianggap tak efisien.

Ini adalah upaya untuk mengurangi polusi sekaligus reformasi dari sisi pasokan. Pada tahun ini, China berusaha membatasi pasokan baja kualitas rendah yang digunakan dalam konstruksi.

Akibatnya, harga melonjak karena investor berupaya menangkal ketatnya pasokan. Meskipun demikian, China memperbolehkan perusahaan produsen baja untuk berekspansi pada pabrik.

Asalkan, perusahaan itu dapat mematuhi standar lingkungan yang lebih ketat. (Baca: Industri Baja Indonesia Dianggap Perlu Belajar dari Vietnam)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X