KILAS EKONOMI

HUT Indonesia di Sebatik, dari Pasar Murah sampai Layanan Kesehatan

Kompas.com - 14/08/2017, 19:51 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah. Dok Humas KemendesMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah.
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com –
Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-72, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) hendak menggelar pasar murah di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara.

Pasar itu rencananya akan diisi oleh pemasaran bahan pokok bekerja sama dengan Bulog, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bnak Tbaungan Negara (BTN, dan Pegadaian.

“Kami ingin negara hadir di perbatasan. Kami juga ingin menggelorakan semangat kerja sama dan mengkampanyekan gerakan ‘Aku Cinta Rupiah’ sebagai bukti nyata nasionalisme,” ujar Kepala Biro Humas dan Kerjasama, Fajar Tri Suprapto, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (14/8/2017).

Fajar menambahkan, pasar murah akan diadakan di Lapangan Sei Nyamuk, Desa Sei Pancang, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, pada 15 - 17 Agustus 2017.

Sejumlah kebutuhan pokok dan bahan sandang lainnya akan dijual dengan harga jauh lebih murah dari harga pasaran. Satu paket sembako, misalnya, akan diberi harga Rp 50.000.

“Paket itu terdiri dari 5 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng, 1 kaleng susu kental manis, dan 5 bungkus mi instan. Di pasaran, harganya bisa mencapai Rp 130.000,” sambungnya.

Dengan adanya acara tersebut, mereka berharap masyarakat bisa datang meramaikan dan membeli. Pihak kecamatan dan kepala desa akan membantu mengkoordinir partisipasi masyarakat.

“Ke depan (setelah acara itu), kami harap ada program dari Rumah Pangan Kita (RPK). RPK yang dikoordinir oleh Bulog akan menjadi sentra distribusi sembako di Pulau Sebatik,” katanya kembali.

Kegiatan pasar murah merupakan rangkaian kegiatan dari upacara kemerdekaan yang digelar di Pulau Sebatik. Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo, akan menjadi inspektur upacara hari itu.

Agenda lain

Selain pasar murah, Kemendes PDTT juga menggelar layanan pemeriksaan kesehatan sebagai bentuk bakti sosial kepada masyarakat. Kegiatan digelar dengan waktu dan lokasi di Lapangan Sei Pancang.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo saat melaksanakan agenda kunjungan ke salah satu daerah perbatasan.Dok Humas Kemendes Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo saat melaksanakan agenda kunjungan ke salah satu daerah perbatasan.

“Hari pertama, 15 Agustus 2017 ada pengobatan umum. Sejumlah dokter umum siap melayani masyarakat. Begitu juga di hari kedua, ada penyuluhan kesehatan,” ujar Fajar.

Sementara itu, di hari ketiga, pelayanan pengobatan akan lebih spesifik, yakni akan ada dokter spesialis anak. Lokasi pun terbagi dua, yakni di Lapangan Sei Pancang, dan Pesantren Mutiara Bangsa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X