Alasan Pabrik di Malaysia Jadi Kiblat Panasonic di Asia

Kompas.com - 15/08/2017, 07:58 WIB
Informasi di salah satu unit kantor Panasonic Appliances Air Conditioning Malaysia Sdn Bhd (PAPAMY) menunjukkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi, Jawa Barat, telah menggunakan sistem pendingin Variable Refrigerant Flow (VRF) Panasonic. Kompas.com/Josephus PrimusInformasi di salah satu unit kantor Panasonic Appliances Air Conditioning Malaysia Sdn Bhd (PAPAMY) menunjukkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi, Jawa Barat, telah menggunakan sistem pendingin Variable Refrigerant Flow (VRF) Panasonic.
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Bertandang ke pabrik pendingin udara (AC) Panasonic di Shah Alam, Malaysia, adalah kesempatan berharga untuk mengetahui mengapa pabrik ini menjadi kiblat Panasonic di kawasan Asia. Setidaknya, kata  Heribertus Ronny, Assistant General Manager Product Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia, pekan lalu di Jakarta, ada tiga alasan yang menunjukkan hal itu. "Pabrik AC di Malaysia menjadi kiblat bagi Panasonic di Asia saat ini,"  katanya.

Ronny memaparkan di pabrik itu, Panasonic menempatkan pabrik AC sebagai unggulan. "Pabrik memproduksi AC split (AC yang piranti untuk dalam ruangan atau indoor dan luar ruangan atau outdoor terpisah). Sekarang, AC dengan teknologi inverter dipusatkan di sana," tuturnya sembari menambahkan, kini, kegiatan utama PAPAMY adalah memproduksi AC ruangan serta komponen-komponennya.

Yang kedua, lanjut Ronny, di pabrik yang acap dijuluki PAPAMY itu, Panasonic juga menempatkan bagian riset dan pengembangan (R&D) yang terlengkap. "Di R&D ada pusat pengujian daya tahan suhu dan uji daya tahan kebisingan atau noise," tuturnya.

Yang ketiga, Panasonic juga menempatkan divisi penjualan global (global marketing) di PAPAMY. "Divisi ini dipindahkan dari Jepang supaya jangkauannya lebih dekat dengan pasar Asia, termasuk Indonesia," tuturnya.

Inverter

Lebih jauh menurut Ronny, sejak Panasonic Global mendirikan PAPAMY pada 1972, target utama produksi adalah AC tipe jendela (window type). Di Malaysia, PPAMY adalah juga pabrik AC pertama di Negeri Jiran itu.

Saat ini, PPAPMY menempati lahan seluas 200.000 meter persegi. PAPAMY lengkap dengan fasilitas ultramodern dari Jepang.

Tak hanya itu, Panasonic juga mengembangkan teknologi untuk menekan dampak lingkungan. Salah satunya adalah teknologi inverter yang diklaim mampu menghemat kosumsi listrik hingga 50 persen. "Panasonic sudah fokus di inverter sejak delapan tahun lalu," tutur Ronny.

Saat ini, imbuh Ronny, Panasonic sudah mempunyai 11 model AC inverter. Salah satu pasar yang menjadi incaran produk AC inverter Panasonic adalah Indonesia. (Baca: Bikin AC Hemat Energi, Panasonic Dukung Regulasi Pengurangan Emisi Global)


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X