Uber Dilarang Beroperasi Selama Sebulan di Filipina, Kenapa?

Kompas.com - 15/08/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi UberPool UberIlustrasi UberPool
|
EditorAprillia Ika

MANILA, KOMPAS.com - Pemerintah Filipina pada Senin (14/8/2017) melarang operasional perusahaan teknologi penyedia transportasi Uber selama satu bulan.

Keputusan ini diambil lantaran pemerintah menemukan praktik pengemudi tak terdaftar menawarkan layanan transportasi tersebut.

Mengutip Reuters, Selasa (15/8/2017), Lembaga Pengaturan dan Registrasi Traaportasi Darat Filipina (LTFRB) tidak memberikan alasan mengenai keputusan ini.

Pasalnya, lembaga itu terlibat sengketa pengaturan dengan Uber dan Grab hingga memicu terjadinya investigasi oleh Kongres Filipina.

(Baca: Uber Bisa Saja Berakhir Tragis Seperti Yahoo...)

 

LFTRB menerbitkan anjuran yang menyatakan sangat merekomendasikan Uber untuk tetap memberikan bantuan finansial kepada operator yang terdaftar selama dilarang beroperasi. Regulator pun menyatakan salinan anjuran itu sudah disebarluaskan.

"Memperpanjang bantuan finansial akan menjadi ekspresi kepercayaan yang baik sehingga mitra pengemudi terdafrar tidak menderita atas keputusan yang ada," jelas LTFRB.

Adapun pihak Uber menyatakan saat ini masih mempelajari keputusan-keputusan yang diterbitkan tersebut.

Filipina sendiri merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang meregulasi operasional transportasi darat berbasis aplikasi.

Kompas TV Pemegang Saham Uber Berencana Jual Saham ke SoftBank
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.