Demi Beramal, Bill Gates Lepas Kemilikan Saham di Microsoft

Kompas.com - 15/08/2017, 11:50 WIB
Pendiri Microsoft, Bill Gates beserta istrinya, Melinda, saat menerima penghargaan Medal of Freedom dari Presiden AS, Barack Obama, Selasa (22/11/2016). Spokesman.comPendiri Microsoft, Bill Gates beserta istrinya, Melinda, saat menerima penghargaan Medal of Freedom dari Presiden AS, Barack Obama, Selasa (22/11/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia Bill Gates baru saja memberikan donasi dengan jumlah terbesar.

Gates melepas kepemilikan sahamnya di Microsoft yang mencapai 5 persen dari kekayaannya. Mengutip Bloomberg, Selasa (15/8/2017), Gates mendonasikan 64 juta saham Microsoft yang dimilikinya, senilai 4,6 miliar dollar AS pada 6 Juni 2017.

Hal ini berdasarkan dokumen dari Lembaga Sekuritas dan Bursa Efek AS yang dirilis Senin (14/8/2017) waktu setempat.

Meskipun penerima sumbangan tidak disebut, namun Gates memberikan sebagian besar donasi ke Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan amal itu didirikan Gates bersama sang istri untuk berbagai kegiatan filantropi.

Ini adalah sumbangan amal yang terbesar yang dilakukan Gates. Cara Gates melepas sejumlah saham untuk kemudian didonasikan sudah dilakukannya sejak tahun 2000.

Pada tahun 1999 silam, Gates juga pernah melepas kepemilikan sahamnya di Microsoft senilai 16 miliar dollar AS untuk disumbangkan. Setahun berikutnya, ia melakukan hal serupa dengan melepas saham senilai 5,1 miliar dollar AS.

Gates dan sang istri, Melinda, telah memberikan dana berupa uang tunai maupun saham senilai sekitar 35 miliar dollar AS sejak tahun 1994 untuk disumbangkan. Ini didasarkan pada nilai saham kala itu.

Pada tahun 2010, Gates mendirikan gerakan The Giving Pledge bersama miliarder dan investor kawakan Warren Buffett.

Keduanya kemudian menggandeng 168 miliarder lainnya yang berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

Setelah melakukan kegiatan amalnya yang teranyar, Gates tetap menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 86,1 miliar dollar AS. Ini berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index.



Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X