Penduduk Indonesia Paling Bahagia adalah Mereka yang Single

Kompas.com - 15/08/2017, 16:41 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Indonesia yang belum menikah atau single ternyata paling bahagia. Begitulah gambaran Indeks Kebahagiaan Indonesia 2017 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

"Jadi bahagialah yang paling single," ujar Kepala BPS Suhariyanto saat menggelar konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Ya, tentu saja pernyataan itu disambut gelak tawa para awak media yang hadir meliput konferensi pers rutin BPS tersebut.

Berdasarkan status perkawinan, indeks kebahagiaannya penduduk yang belum menikah mencapai 71,53, lebih tinggi dari penduduk yang sudah menikah yang hanya 71,09.

(Baca: Ini Alasan Orang Belum Menikah Lebih Bahagia ketimbang yang Sudah Menikah)

Sementara penduduk yang sudah menikah namun cerai hidup, indeks kebahagiaannya 67,83. Adapun penduduk yang sudah menikah namun cerai mati, indeks kebahagiaannya yaitu 67,37.

Adapun bila dilihat dari indeks dimensi perasaan, maka penduduk yang sudah menikah namun cerai hidup menjadi yang terendah yaitu 64,19.

Penduduk yang sudah menikah namun cerai hidup juga punya indeks dimensi kepuasan sosial paling rendah diantara lainnya yaitu hanya yaitu 68,14.

"Jadi yang tidak bahagia itu cerai hidup, dia sudah cerai melihat mantannya ke sana kemari melihat mantannya digandeng jadi tidak bahagia, kalau boleh pilih lebih baik cerai mati," kata Suhariyanto.

(Baca: Inflasi Rendah Jadikan Thailand Negara Paling Bahagia di Dunia)

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.