Akhir Kuartal II, Utang Luar Negeri Indonesia Naik Jadi 335,3 Miiliar Dollar AS

Kompas.com - 15/08/2017, 20:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir kuartal II 2017 mencapai 335,3 miliar dollar AS. Angka ini tumbuh 2,9 persen secara tahunan (yoy), melambat dibandingkan kuartal I 2017 yang mencapai 3,23 persen (yoy).

"Pertumbuhan ULN tersebut juga jauh lebih lambat bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2016 yang sebesar 6,8 persen (yoy)," ungkap bank sentral dalam pernyataan resmi, Selasa (15/8/2017).

Berdasarkan kelompok peminjam, pertumbuhan ULN tersebut dipengaruhi pertumbuhan ULN sektor publik yang melambat dan berlanjutnya kontraksi pertumbuhan ULN sektor swasta.

Pada akhir kuartal II 2017, ULN sektor publik tercatat sebesar 170,3 miliar dollar AS (50,8 persen dari total ULN) atau tumbuh 7,3 persen (yoy), melambat dari 10,0 persen (yoy) pada kuartal sebelumnya.

(Baca: Utang Luar Negeri Pemerintah Masih Aman Menurut BI)

Sementara itu, ULN sektor swasta tercatat sebesar 165,0 miliar dollar AS (49,2 persen dari total ULN), atau turun 1,4 persen (yoy).

Berdasarkan jangka waktu, posisi ULN Indonesia pada kuartal II 2017 tetap didominasi oleh ULN jangka panjang.

Menurut sektor ekonomi, posisi ULN swasta pada akhir kuartal II 2017 terkonsentrasi di sektor keuangan, industri pengolahan, pertambangan, serta listrik, gas dan air bersih (LGA).

Pangsa ULN keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 76,6 persen.

Pertumbuhan ULN sektor industri pengolahan dan sektor LGA meningkat dibandingkan dengan kuartal I 2017, sedangkan ULN sektor pertambangan dan sektor keuangan masih mengalami kontraksi pertumbuhan.

"Bank Indonesia memandang perkembangan ULN pada kuartal II 2017 tetap sehat dan terkendali. Hal ini tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) yang pada akhir kuartal II 2017 tercatat stabil di kisaran 34,2 persen," ungkap BI.

Kompas TV Utang Luar Negeri Indonesia Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.