Daftar dan Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa di Apotek Kimia Farma

Kompas.com - 15/08/2017, 22:17 WIB
Kartu BPJS Kesehatan. KOMPAS.com/SRI LESTARIKartu BPJS Kesehatan.
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan kini dapat dilakukan di apotek-apotek Kimia Farma. Hal ini merupakan kerja sama antara Bank Mandiri dengan PT Kimia Farma Apotek untuk memperluas akses serta menyediakan channel pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Kerja sama ini diresmikan melalui ujicoba pembayaran iuran BPJS Kesehatan oleh Direktur Utama Kimia Farma Apotek Imam Fathorrahman dan SVP Corporate Banking 1 Group Bank Mandiri Yusak L.S Silalahi di Apotek Kimia Farma Garuda, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

"Kami harap, perluasan akses ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Dengan demikian, kami dapat turut berkontribusi pada upaya pembangunan sistem jaminan sosial," kata Yusak, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Sebanyak 939 apotek Kimia Farma yang tersebar di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan untuk pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Untuk tahap awal, layanan ini baru dapat dilaksanakan di 158 apotek Kimia Farma yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Hingga Juli 2017, frekuensi pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui seluruh jaringan Bank Mandiri mencapai sekitar 1,2 juta transaksi per bulan dengan rata-rata nominal Rp 1,4 triliun per bulan.

Saat ini, Bank Mandiri telah menyiapkan sekitar 16.000 gerai pembayaran, yang terdiri atas gerai retailer, warung atau toko, serta koperasi di seluruh Indonesia. Secara bertahap, jumlah ini akan ditambah hingga 20.000 loket pembayaran.

Selain itu, pembayaran iuran BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan di ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking serta layanan Mandiri Cash Management dan autodebet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.