Kompas.com - 15/08/2017, 22:50 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham thikstockphotosIlustrasi pergerakan harga saham
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) akan menerbitkan saham baru melalui skema rights issue Rp 5,035 triliun atau sekitar 378 juta dollar AS.

Aksi korporasi tersebut telah memperoleh Surat Pernyataan Efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Restu dari OJK tersebut sehubungan Penawaran Umum Terbatas II untuk penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Perolehan dana hasil rights issue akan dimanfaatkan perseroan untuk membiayai belanja modal guna penambahan kapasitas produksi dan/atau diversifikasi produk serta belanja modal lainnya.

CAP menawarkan sebanyak 279,741 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 1.000 per saham. Dari hasil rights issue ini, CAP diperkirakan dapat meraup dana sekitar Rp 5 triliun.

"Dengan pendalaman dan profil investor yang baru ini akan menjadi dasar yang lebih kuat bagi Chandra Asri untuk memperluas jejak langkah petrokimia di Indonesia dan realisasi kompleks petrokimia kedua di masa depan," jelas Erwin Ciputra, Presiden Direktur CAP dalam pernyataan resmi, Selasa (15/8/2017).

Yang bertindak sebagai pembeli siaga (standby buyer) adalah PT Mandiri Sekuritas. Rights issue dilakukan sebagai langkah perseroan untuk memperluas basis investor sekaligus meningkatkan likuiditas perdagangan, memperkuat posisi perseroan sebagai perusahaan publik, dan semakin mengembangkan akses Perseroan ke pasar modal domestik maupun luar negeri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X